ABOUT DESATodayWEEKEND LIST

Dongkrak Ekonomi, Pemdes Cimacan Bangun Wisata Alam Pangsalatan

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Dongkrak ekonomi warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Cimacan melalui Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes membangun Wisata Alam. Rencananya Tempat tersebut akan bernama Wisata Alam Pangsalatan di Kampung Dawuhan Pojok RT 07/RW 05, Cimacan, Cipanas, Cianjur.

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail mengatakan, wisata alam tersebut berupa camping ground. Selain itu terdapat pula wisata alam yang cocok untuk lokasi berlibur bersama keluarga.

Menurutnya, Pembangunan Wisata Alam Pangsalatan sudah ada sejak beberapa waktu lalu. Namun, kini semua unsur desa dan masyarakat kembali menggiatkan karya bakti untuk pemberdayaan potensi alam ini.

“Alhamdulillah, semua pihak mau bersama-sama membangun Desa Cimacan lebih maju dan mandiri. Terlihat dari antusias masyarakat dalam pembangunan wisata alam yang rencananya rampung pada dua bulan mendatang,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (10/2/2022).

BACA JUGA :

Fasilitas Penunjang Wisata Alam Mulai Rampung

Selain antusias dalam membangun potensi alam ini, Deden menuturkan, masyarakat pun tak segan turut berkolaborasi dalam hal investasi secara finansial.

Hal tersebut, lanjutnya, terlihat dari telah selesainya pembangunan beberapa fasilitas penunjang di lokasi objek wisata tersebut seperti toilet dan mushola.

“Saat ini sudah ada mushola dan sejumlah toilet di lokasi. Sekarang tinggal kami tata beberapa spot wisata alam secara kerja bakti,” ungkapnya.

Selain itu, secara perizinan pun, menurut Deden, pihak Pemdes Cimacan melalui Bumdes tengah mengurus kelengkapan yang belum rampung, salah satunya izin ke DLH Cianjur.

“Izin lain sudah kami tempuh. Tinggal beberapa lagi yang sekarang akan segera dibereskan. Mudah-mudahan, semuanya bisa berjalan lancar,” paparnya.

Dengan adanya wisata alam camping ground dan outdoor lainnya ini, Deden berharap, dapat mendongkrak ekonomi warga sekitar dan Desa Cimacan secara umum. Meskipun, masih dalam masa pandemi Covid-19 yang kini ketat kembali.

“Intinya, kami ingin membantu masyarakat dalam segi meningkatkan taraf ekonomi warga desa. Sehingga ketika ada objek wisata yang pengelolaannya oleh desa melalui Bumdes dan PADes, bisa lebih termanfaatkan dengan maksimal,” tandasnya.(ren/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami