Today

DPRD Cianjur Awasi Penyebaran PMK Pada Hewan Ternak

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur mulai mengawasi terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan Kumu atau PMK pada hewan ternak.

Pihaknya memerintahkan Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Cianjur supaya membuat aturan mengenai ternak yang di luar Cianjur atau sebaliknya tidak dikeluarkan atau diterima, menjelang Hari Raya Idul Adha hanya untuk di Cianjur saja.

Dari laporan yang diterima oleh Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur, empat peternakan sudah terjangkit dan dilarang beroperasi hingga benar-benar dinyatakan hewan ternak sehat.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur, Diki Ismail mengatakan, DPKHP Kabupaten Cianjur diminta untuk membuat tim pemantau hewan ternak.

“Nanti dinas peternakan akan bekerjasama dengan pihak kecamatan hingga desa untuk memastikan hewan ternak untuk kurban itu sehat,” ujarnya.

Pihaknya pun turut memantau dan berencana akan melakukan sidak ke peternakan guna memastikan pihak peternakan melakukan SOP pencegahan.

“Nanti akan kita sidak ke peternakan, agar mengetahui antisipasi peternakan dalam pencegahan,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKHP Kabupaten Cianjur, Ade Dadang menuturkan, saat ini pihaknya tengah menanti vaksin yang dijadwalkan pada Agustus 2022 mendatang disebar ke seluruh daerah di Indonesia.

“Kalau informasi dari pusat bulan Agustus 2022 mendatang. Mengenai keperluan, tentunya kita perlu banyak, tapi belum mengetahui persyaratan agar dapat vaksin tersebut seperti apa,” ungkapnya.

Lanjut Ade, yang saat ini diperlukan oleh DPKHP Kabupaten Cianjur yakni obat-obatan untuk hewan ternak seperti antibiotik, antipiretik, anti panas dan multivitamin.

“Saat ini stok obat-obatan di kami sudah hampir habis. Jadi yang dibutuhkan obat-obatan,” terangnya.

“Kami sudah ajukan ke Disnak Provinsi Jawa Barat, semoga saja secepatnya ada,” tutupnya.(*)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks