Today

DPRD Cianjur Dorong Pemerintah Pusat Percepat Realisasi Jalur Puncak II

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berharap adanya percepatan realisasi pembangunan jalur Puncak II dari pemerintah pusat. Tujuan DPRD Cianjur dorong percepat realisasi jalur puncak II tersebut tidak lain sebagai solusi meningkatkan perekonomian di daerah itu, khususnya untuk jumlah kunjungan wisatawan.

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, mengatakan, sebagai solusi macet yang kerap terjadi di jalur Puncak, pembangunan jalur Puncak II adalah jawabannya. Sayangnya, hingga saat ini pembangunan tersebut belum terealisasi.

Baca Juga: DPRD Jabar Terus Desak Pemerintah Pusat Realisasikan Pembangunan Jalur Puncak II

“Untuk itu, kami meminta kepada pemerintah pusat, untuk membantu pembangunan jalur Puncak II. Bukan hanya untuk mengatasi macet, tapi ini juga solusi untuk peningkatan perekonomian di Cianjur. Saat ini, ekonomi semakin menurun karena angka kunjungan wisatawan tidak lagi tinggi. Pengusaha juga kesulitan memenuhi waktu pesanan,” ujar Ganjar dikutip dari Antara, Kamis, (10/3/2022).

Ia menjelaskan, selama kunjungan kerjanya di wilayah Cianjur utara, ia banyak menyerap aspirasi dan keluhan warga. Di ilayah yang terdapat banyak tempat wisata, hotel, dan rumah makan ini, banyak warga mengeluh hanya kebagian macetnya saja. Sementara kemacetan tersebut tidak dibarengi dengan meningkatnya Kunjungan di wilayah tersebut.

Petani dan Pembudidaya Bunga Akan Terbantu Jalur Puncak II

Tidak terkecuali para petani sayur dan pembudi daya bunga, mereka mengaku kesulitan untuk memenuhi waktu pengiriman pesanan ke wilayah Jabodetabek dan kota lainnya. Hal ini lantaran kendaraan pengangkut barang kerap terjebak kemacetan di jalur Puncak-Bogor meskipun sudah berangkat lebih awal. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kerugian bagi para pelaku usaha tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dengan DPR RI untuk ikut mendorong pembangunan jalur Puncak II secepatnya,” ujar politisi dari Partai Gerindra itu.

Terpisah, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengaku, pihaknya telah mengirimkan surat ke kementerian terkait. Tujuannya agar pembangunan jalur Puncak II sebagai solusi macet di jalur Puncak segera terwujud. Demi mendukung keinginan tersebut, Pemkab Cianjur telah membangun 14 kilometer jalan beton.

Baca juga: Pembangunan Jalur Puncak II Capai Rp5 Triliun, Bupati Cianjur akan Survey Langsung

“Jalan beton sudah kami buat sebagai pendukung segera dibangun jalur Puncak II. Termasuk dengan Pemkab Bogor, mereka juga turut membangun jalur pendukung. Saat ini tinggal dukungan dari pusat, untuk membangun jalur utama. Sehingga jarak tempuh yang lama karena macet untuk sampai ke Cianjur tidak akan terjadi lagi,” tutup Herman.

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami