Today

DPRD Cianjur Dorong Pemkab Alokasi Anggaran untuk Pasar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – DPRD Cianjur akan mendorong Pemkab Cianjur untuk mengalokasikan anggaran bagi fasilitas umum di Pasar rakyat, salah satunya di pasar Cipanas.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Cianjur, Cecep Saepudin Zuhri mengatakan, target pendapatan asli daerah (PAD) khususnya di pasar ber-SNI mengalami kenaikan yang cukup besar.

“Ditambah adanya pungutan retribusi terhadap para pedagang yang ikut naik. Sehingga, cukup wajar jika sarana prasarana di Pasar Cipanas ini bisa lebih ditingkatkan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (25/1/2022).

Ia menuturkan, anggaran untuk pengadaan fasilitas umum di pasar rakat dapat membantu mendongkrak kuantitas pengunjung yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19.

“Mungkin karena imbas dari pandemi serta aturan PPKM kemarin, sejumlah pedagang khususnya yang ada di lantai atas masih tampak lesu. Maka dari itu, kami mendorong Pemkab untuk mengalokasikan anggaran di 2023 dalam penyediaan fasilitas tersebut,” paparnya.

Di sisi lain, ia pun memaklumi kondisi Pemkab Cianjur. Karena Cianjur itu bukan hanya Cipanas saja, tetapi berbagai wilayah di Kabupaten Cianjur juga harus mendapatkan perhatian.

“Kalau berbicara feedback atau kontribusi dari adanya kenaikan tarif retribusi, itu hal yang wajar. Karena ini berbicara retribusi, bukan pajak. Sehingga pengembalian untuk kepentingan masyarakat pun tentunya harus jadi hal utama,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala UPTD Pasar Cipanas, Widya Pratiwi menuturkan, keinginan para pedagang untuk penyediaan fasilitas penunjang dan sarana prasarana seperti lift atau eskalator tengah jadi pertimbangan.

Sebab, lanjutnya, hal tersebut perlu koordinasi secara maksimal dengan sejumlah pihak, terutama Pemkab Cianjur.

“Untuk pengalokasian anggaran tersebut di tahun ini, jelas tidak mungkin. Sebab, telah masuk dalam RKPD 2022,” ucapnya.

Namun, sambungnya, pihaknya akan terus berupaya bersama Pemkab Cianjur untuk bisa memenuhi kebutuhan di Pasar Cipanas ini.

“Mudah-mudahan untuk fasilitas umum seperti eskalator itu bisa terealisasi tahun depan atau 2024 nanti,” singkatnya.(ren/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks