Today

Dua Kampung di Naringgul Diterjang Banjir, Belasan Rumah Warga Terdampak

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dua kampung di Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur diterjang banjir pada Sabtu (9/1/2021). Diketahui, banjir tidak hanya menerjang rumah warga, tetapi juga area pesawahan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan menjelaskan, banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut.

“Kejadian bencana diakibatkan hujan deras dari jam 13.00 sampai jam 16.00 Wib, sehingga peluapan air mengakibatkan dua kampung terdampak,” tuturnya kepada Cianjur Today, Sabtu (9/1/2021).

Titik pertama yang diterjang banjir adalah Kampung Patrol, RT 03/RW 11, Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul.

Banjir naringgul Cianjur selatan
TERDAMPAK: Belasan rumah rusak akibat banjir yang menerjang dua kampung di Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. (Foto: Afsal Muhammad/cianjurtoday.com)

“Rumah yang terdampak ada empat yaitu milik warga bernama H Sobirin, Abah Itang, Atik, dan Anton,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Irfan, titik kedua yang diterjang banjir adalah Kampung Padasuka, RT 03/RW 08, Desa Sukabakti, Kecamatan Naringgul.

“Di sini ada 11 rumah yang terdampak yaitu rumah milik warga bernama Eli, Asep Rohmat, Ahmad, Ana, Ajat, Ayi Sudrajat, Sarmah, Ikat, Ade, Didin, dan Watikah, juga ada satu madrasah yang ikut terdampak,” jelas dia.

Selain rumah warga, Irfan pun menyebut, banjir menerjang pesawahan sepanjang dua kilo meter. Luas sawah yang terdampak adalah sekitar tiga hektar.

“Kerugian diperkirakan semuanya sekitar Rp600 jutaan,” ucap dia

Saat ini, upaya yang sedang dilakukan adalah mengevakuasi warga yang rumahnya mengalami rusak berat. Diketahui ada empat rumah yang mengalami rusak berat.

“Upaya bersama dari pihak desa, kecamatan, Polsek, dan pihak TNI sudah terjun ke lapangan,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button