Nasional

Duh! Mulai April, Google Meet Gratis Akan Dibatasi Hanya untuk Satu Jam Saja

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Google dikabarkan akan membatasi penggunaan aplikasi Meet versi gratis mulai April mendatang. Pasalnya, pemakaian layanan meeting virtual itu akan dibatasi hanya maksimal satu jam saja.

Langkah Google ini akhirnya mengikuti Zoom yang lebih awal membatasi platform versi gratisnya. Dengan begitu, Google Meet tidak lagi menjadi alternatif yang ramah untuk pengguna tak berbayar.

Awalnya Google akan menerapkan pembatasan ini pada September 2020 lalu, tetapi kemudian diperpanjang sampai 31 Maret. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda kalau Google akan memperpanjang masa Meet versi gratis.

“Sebagai tanda komitmen kami, hari ini kami memperpanjang panggilan Meet tak terbatas untuk versi gratis sampai 31 Maret 2021 untuk akun Gmail,” tulis Google Product Manager, Google Meet, Samir Pradhan dikutip dalam blog resmi Google, Sabtu (13/3/2021).

Sebelumnya, versi gratis Google Meet bisa dipakai untuk melakukan konferensi video tanpa batasan waktu alias 24 jam penuh dalam sehari, dengan jumlah peserta sampai 100 orang.

Nah, mulai 1 April mendatang penggunaan Google Meet versi gratis akan terbatas dengan durasi satu jam. Ini masih lebih lama ketimbang Zoom yang hanya 40 menit.

Namun, bagi pengguna G Suite Essential bisa berlangganan Google Meet dengan membayar 8 dollar AS per bulan atau sekitar Rp118.000 (kurs rupiah saat berita ini ditulis). Pengguna akan mendapat durasi rapat maksimum 300 jam dengan 150 peserta.(sis/bbs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button