Today

Duh! Sejumlah Ruas Jalan di Cianjur Utara Minim PJU, Warga: Rawan Kecelakaan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur Sejumlah ruas jalan di wilayah Cianjur utara ternyata minim fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU). Warga pun khawatir, kecelakaan atau tindak kejahatan dapat terus terjadi jika kondisi tersebut dibiarkan.

Salah seorang warga Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Vina (27) mengatakan, jalan umum yang ada di lingkungannya sangat gelap ketika malam hari.

Hal itu karena tidak adanya PJU yang seharusnya terpasang di kanan-kiri jalan di kawasan tersebut.

“Gelap banget di sini kalau malam, paling terang ya sama lampu kendaraan yang melintas di jalanan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (6/7/2021).

Ia menyebut, tidak sedikit kecelakaan lalulintas terjadi di wilayah tersebut. Kemungkinan besar kecelakaan itu akibat minimnya penerangan yang ada.

Terbukti dengan banyaknya coretan reka kejadian yang ada di sejumlah jalanan.

“Pasti ada saja dalam satu minggu atau satu bulan kecelakaan di daerah sini. Bisa keliatan dari banyaknya pilok bekas kecelakaan gitu. Saya pun suka khawatir kalau berkendara malam,” jelas dia.

Sejumlah Ruas Jalan di Cianjur Utara Minim PJU

Vina berharap, pemerintah mau berbaik hati memasang PJU di wilayah Cianjur utara. Terlebih saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memiliki program Cianjur Caang.

“Semoga saja program itu bisa terealisasi, sehingga wilayah kami tidak gelap dan banyak kecelakaan lagi,” ujar dia.

Senada dengan Vina, warga Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Rifai (23) mengaku, ia selalu khawatir jika berkendara di malam hari dari Sukaresmi ke Cianjur Kota. Mengingat, ia bekerja di wilayah Cianjur tengah.

“Jadinya, kalau mau pulang itu mending nginep dulu, baru besoknya atau akhir pekan pulang. Kalau gelap gitu rawan kecelakaan atau kejahatan,” jelas dia.

Rifai berharap, pemerintah mau memasang PJU di wilayah Cianjur utara. Sebab, menurutnya, sudah bertahun-tahun, wilayah tersebut dilanda kegelapan dan hanya mengandalkan lampu rumah warga atau gedung sekitar.

“Ada program Cianjur Caang ya, semoga bisa terwujud saja, karena kasihan para pengendara. Kalau gelap takutnya banyak kecelakaan,” kata dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Nurman mengatakan, pihaknya akan mendata dan menjelaskan progres program Cianjur Caang.

“Nanti saya kirimkan datanya,” singkatnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button