Pendidikan

Edukasi Literasi Dengan Tayangan Animasi Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar 2 di SDN Sawah Gede

Oleh: Hoerotunnisa (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

CIANJURTODAY.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meluncurkan program Kampus Mengajar Angkatan 2 (KM2) Tahun 2021. Salah satu sasran KM2 adalah sekolah 3T Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal merupakan daerah yang paling terluar pada wilayah Indonesia.

“Pengalaman terselenggarakan acara literasi budaya KM2 bisa membuat acara literasi budaya Ditengah pandemi yang berdampak di beberapa sektor khususnya pendidikan serta membangun kesadaran dalam hal literasi. Dampak dalam kegiatan literasi budaya KM2 untuk siswa bisa mengenal literasi lebih jauh serta membangkitkan semangat dalam hal pembelajaran di masa pandemi, Kata Ketua Mahasiswa KM2 Sawah Gede, Yusuf.

SDN Sawah Gede (NPSN 20203472) yang ada di Kecamtan Mande Kabupaten Cianjur mendapat kesempatan terpilih menjadi sekolah sasaran KM2, sebanyak 6 mahasiswa mulai dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD), Universitas Pasundan (UNPAS), dan Universitas Suryakancana (UNSUR) mengajar di SDN Sawah Gede.

Manfaat dalam kegiatan literasi budaya bagi siswa yaitu siswa dapat kembali menggunakan literasi serta mengenal literasi baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Pesan untuk kegiatan literasi budaya KM2 harus menjadi seorang pelajar yang berintelektual (aktif serta kreatif) serta memiliki ilmu pengetahuan & agama yang akan membawa perubahan bagi agama, nusa dan bangsa,” imbuh Yusuf.

Siswa SDN Sawah Gede belajar melalui tayangan video bersama mahasiswa Kampus Mengajar 2

Dalam rangka menjalankan program yang dibuat oleh mahasiswa KM2, pada Kamis (4/11/2021) mengadakan program literasi budaya sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis. Sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat dengan menyaksikan tanyangan film edukasi untuk siswa kelas 1 sampai kelas 6 yang jumalahnya 167.

Dalam rangka penerapan protokol kesehatan siswa dibagi menjadi 3 sesi yakni sesi 1 kelas 1dan 2, sesi 2 kelas 3 dan 4, sesi 3 adalah siswa kelas 5 dan 6 dengan tanyanagn film animasi edukasi siswa dapat melihat mendengar dan merasakan betapa senangnya siswa yang bisa membaca dan memahami alur cerita dari tanyangan tersebut.

“Saya merasa senang dan terhibur dengan melihat film animasi sebagai edukasi belajar membaca dengan baik dan membuat saya semangat dalam belajar membaca,” ujar salah seorang siswa kelas 3, Fakhri.

Mahasisa Kampus Mengajar 2 bersama siswa SDN Sawah Gede

Selain memberi tanyangan lewat film, edukasi mahasiswa KM2 memberikan icebreaking berupa game dan permainan yang berkaitna dengan tanyangan video seperti Kancil dan Buaya, Kisah hidup Semut seain itu siswa juga belajar membaca cepat tebak kata, dan lain-lain.

“Alhamdulilah kontribusi para mahasiswa Kampus Mengajar 2 dalam menjalankan program literasi budaya di SDN Sawahgede ini sangat baik dan dapat diterima oleh siswa-siswi, siswa semangat belajar membaca karena melihat tayangan video dan permainan yang berikan para mahasiswa KM2,” ucap Kepala SDN Sawah gede, Siti Badriah.(*)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button