Today

Empat Desa di Cipanas Rawan Longsor

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Empat desa di Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur rawan longsor. Keempat desa tersebut adalah Ciloto, Sindangjaya, Cimacan, Batulawang.

Koordinator Kecamatan (Korcam) Relawan Tangguh Bencana (Retana) Kecamatan Cipanas, Heri Saputra, mengatakan beberapa longsoran kecil terjadi pada musim hujan kali ini. Misalnya di Desa Ciloto dan Desa Batulawang.

“Di bulan-bulan ini sempat terjadi longsor ringan di Desa Ciloto menutupi setengah jalan. Kemudian di jalan penyambung antara Desa Ciloto dan Desa Batulawang, yang berlokasi di Cikole. Itu juga termasuk kategori ringan dan tidak membahayakan masyarakat, hanya sedikit mengganggu kelancaran saja,” paparnya kepada Cianjur Today, Senin (20/1/2020).

Heri mengatakan, penyebab keempat desa tersebut rawan longsor karena kondisi tanah yang rentan terjadi pergeseran. Ditambah nyakurang penyangga seperti pepohonan di tebing atau perbukitan.

Ia mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk mengingatkan kesadaran masyarakat mengenai potensi bencana. Ke depan, Retana Cipanas merencanakan penghijauan atau reboisasi untuk menjaga lingkungan.

“Semoga penyangga lebih banyak dan dan perbukitan atau tebing-tebing yang rawan bencana agar lebih kuat.” tambahnya.(ct6/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker