Gaya Hidup

Enam Jenis Permata Indah, Harganya Super Fantastis!

CIANJURTODAY.COM – Menyukai berbagai jenis batu permata atau bahkan mengoleksinya tidak asing lagi. Meskipun harga fantastis, tapi nyatanya banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki batu permata yang diinginkannya.

Tidak heran berbagai batu permata menjadi daya tarik yang luar biasa. Tertarik membeli atau mengoleksinya? Tentu, sebelumnya kamu harus tahu dulu jenis-jenis permata yang sesuai dengan keinginanmu.

Setiap batu permata memiliki keunikannya tersendiri dan tentu harganya juga yang berbeda. Berikut kami rangkum enam jenis batu permata dengan harga fantastis dengan berbagai keunikan dan keindahan yang dimilikinya.

Berlian (Diamond)

Secara karakteristik, berlian merupakan batu permata yang paling keras, solid, dan memiliki kualitas fisik terbaik dibandingkan batu permata jenis lainnya. Kilauan cahayanya sangat indah.

Permata jenis ini terbilang langka, harganya sangat mahal. Bahkan, bisa mencapai miliaran rupiah per karat. Jadi, tidak heran kalau berlian didapuk sebagai batu permata termahal di dunia.

Zamrud (Emerald)

Zamrud memiliki ciri khas dengan batu permata dengan warnanya yang kehijauan sampai hijau tua. Ini merupakan hasil dari kelumit kromium. Memiliki intensitas solid yang cukup tinggi, hingga banyak yang mengatakan keindahannya tidak dapat ditandingi oleh permata manapun.

Warna hijaunya yang sangat tajam dan mengkristal membuat jenis batu kristal ini memiliki harga yang selangit, terutama Zamrud. Namun, banyak diburu oleh kolektor perhiasan dari berbagai negara.

Ruby (Batu Merah Delima)

Batu ruby atau lebih dikenal dengan batu merah delima. Seperti namanya jenis ini memiliki warna yang unik, mulai dari merah delima sampai merah darah. Jenis batu permata dan harganya ini disukai kalangan menengah ke atas.

Diketahui batu ruby dengan kualitas terbaik adalah yang berasal dari Myanmar. Karakternya yang solid dengan corak khas kemerahan membuat batu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Sekitar puluhan hingga ratusan juta rupiah tiap bongkahnya.

Safir (Sapphire)

Batu permata safir, atau di Indonesia sering disebut dengan batu nilam. Seperti batu permata lain, safir juga memiliki tingkat soliditas yang sangat tinggi. Konon batu safir terbaik hanya bisa diperoleh dari tanah Srilangka dan India.

Batu safir memiliki beberapa macam seperti safir biru dan safir hitam. Warnanya yang cantik dan memberikan kesan mewah, membuat batu permata ini dibanderol puluhan hingga ratusan juta.

Yakut

Yakut atau biasa disebut sebagai Zircon. Ini adalah batu yang memiliki tingkat kekerasan sangat tinggi. Dari berjenis-jenis Zircon adalah batu Zircon yang mempunyai warna merah darah dan yangyang berwarna hijau jambrud.

Batu zircon yang berwarna biru, beningnya semacam kristal dan kilaunya tinggi. di Amerika dinamakan starlite zircon.

Namun sayangnya batu jenis ini memiliki resiko yang sangat besar, karena sangat mudah dipalsukan. Banyak beredar batu yakut palsu. Harga batu Yakut biasanya berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta.

Kecubung

Batu yang masuk ke dalam kategori permata dan memiliki nilai jual yang tinggi ini biasa disebut sebagai ametis. Amethyst termasuk batu semi-mulia dan dikenal di Indonesia dengan nama kecubung ungu karena memiliki warna ungu cerah.

Salah satu hal yang membuat batu permata satu ini memiliki nilai jual yang tinggi yaitu karena tampilan menarik. Harganya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung kualitasnya.

Nah, itu jenis-jenis permata dengan keindahan dan harganya yang fantastis. Jadi, kamu mau koleksi yang mana nih?(ct4/rez)

Diolah dari berbagai sumber

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker