Gaya Hidup

Enam Lowongan Kerja Freelance Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

CIANJURTODAY.COM – Semua orang pasti ingin berusaha menjadi mandiri, namun mereka kadang merasa bingun memulainya darimana. Mencari pekerjaan sesuai dengan kesibukan yang telah dimiliki untuk setidaknya menghasilkan uang tambahan.

Biaya hidup kini tak lagi bisa dibilang murah, banyak orang yang mencari-cari pekerjaan yang bisa menghasilkan uang tambahan. Kerja freelance merupakan solusi yang dipilih banyak orang.

Apa Itu Freelace?

Secara umum, arti freelance adalah cara berkerja dimana suatu pekerjaan dilakukan oleh seseorang secara mandiri. Tidak terikat kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan sebuah perusahaan atau orang yang mempekerjakannya.

Kerja freelance dapat dilakukan secara full time ataupun part time. Sebagian orang yang bekerja freelancer menjalankan profesi ini di luar pekerjaan utamanya. Akan tetapi sebagian orang lainnya menjadikan freelance sebagai pekerjaan utamanya.

Bagaiman cara berkerja freelance?

Meski berupa pekerjaan sampingan, nyatanya tidak semua orang mudah dalam mendapatkannya. Bekerja freelance tak bisa dianggap mudah, karena kita juga harus memiliki kriteria dan keterampilan.

Tak berbeda jauh dengan halnya pekerjaan lain, kita juga harus memiliki daya tarik agar orang lain dengan senang hati memperkerjakan kita.

Berikut hal- hal penting yang harus diketahui dan dimiliki, bagi anda yang hendak memilih kerja freelance.

1 Mengetahui keahlian khusus
Setiap orang pasti memiliki keahlian, unggul dan tidaknya keahlian itu tergantung pada ketekunan. Keahlian biasapun bisa menjadi keahlian khusus yang unggul bila ditekuni. Dan kita harus mau menekuninya.

2 Mampu membagi waktu
Memiliki pekerjaan tambahan tentu memerlukan pembagian waktu yang tepat. Atau anda bisa membuat planing pembagian waktu, agar semua dapat terorganisisr secara maksimal.

3 Menjadi orang yang flaksibel dan beradaptasi cepat
Bekerja freelance tentu akan menemukan lingkungan baru dan orang- orang baru pula. Untuk dapat bekerja secara baik dan maksimal, tentu diprlukan penyesuaian dan adaptasi secara cepat dan baik.

4 Siap menerima resiko
Selain waktu yang pasti pelu dibagi-bagi, energi pun pasti lebih utama banyak dibutuhkan setiap harinya. Karena beraktivitas secara ekstra, dan mungkin pasti ada situasi- situasi yang tidak disangka. Misalnya kebentrokan jadwal freelace dengan jadwal yang paling diutamakan, misalnya jam kuliah.

Lowongan kerja freelance

Berbagai jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan, cukup fleksibel baik menjadi pekerjaan sampingan atau tambahan. Berikut contoh lowongan kerja freelance yang mungkin cocok buat kamu. Simak ulasannya!

1 Penulis

Pekerjaan ini sangat cocok bagi penyuka dunia tulis, terutama yang memiliki hobi menulis. Menjadi penulis sebenarnya sangat pleksibel karena bisa dilakukan dimanapun. Beragam jenis pilihan model tulisan seperti menulis buku, teks fiksi ataupun nonfiksi.

2 Penyiar radio

Terdengar asik rasanya, mengenai jenis pekerjaan freelance ini. Dengan basic berbicara dan mampu berinterasi dengan pendengar secara asik. Kebanyakan memutar musik-musik dan selain bekerja hal itu bisa menjadi hiburan bagi penyiar.

3 Pengajar les private

Memiliki keahlian lebih dalam suatu mata pelajaran harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Terutama bagi mahasiswa, menjadi pengajar les banyak dipilih. Selain penambah wawasa bagi siswa yang menerima les, mengajar bisa mengasah kemampuan kita juga.

4 Fotografer

Kini banyak kebutuhan foto yang semakin mendesak untuk keperluan berbagai macam acara. Mulai dari pesta pernikahan, pesta ulang tahun, acara wisuda dan lainnya. Mulai dari menawarkan pada orang- orang terdekat, hingga promosi lewat internet dan medsos.

5 Editor

Memiliki daya teliti yang kuat mampu dijadikan andalan dalam pekerjaan ini. Mengecek dan mengoreksi naskah untuk penggunaan bahasa. Mencari apakah terdapat kesalahan penulisan, apakah sesuai EYD, dan lainnya. Nyatanya, beberapa media atau penerbit yang membutuhkan part time dan freelance sebagai proofreader.

6 Online shop

Online shop banyak digeluti para remaja saat ini, dengan menjual produk dan barang. Bisnis secara online dirasa lebih efesien menurut beberapa orang, karena dilakukan dalam genggaman handphone.

Menjual yang terus membuat post berisi produk dagangan dan promosi untuk menarik pelanggan. Keuntungannya tergantung dari penjualan yang dilakukan.

Itulaha beberapa contoh lowongan kerja freelance, yang bisa dipertimbangkan dan dipilih sesuai style dan kegemaran.(*)

Penulis: Siti Nurlaela/berbagai sumber

Foto: pixabay

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker