Today

Endang S Thohari Bersama Kementan RI Bimtek Puluhan Stakeholder Kelapa Sawit di Cianjur

CIANJURTODAY.com, Cipanas – Anggota DPR RI Komisi IV, Daerah Pemilihan Jabar III meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari DESS., M.Sc bersama Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan bimbingan teknis (Bimtek) Kelapa Sawit Baik Indonesia 2022 kepada puluhan petani yang ada di kawasan perkebunan sawit wilayah Kabupaten Cianjur, Sabtu (12/11/2022) di Hotel Yasmin Cipanas.

Hj Endang mengatakan, hari ini adalah kegiatan sosialisasi dan Bimtek soal kelapa sawit baik kepada masyarakat yang ada di Cianjur dan Bogor.

“Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan Kementerian Pertanian dari Direktorat Jenderal Perkebunan khususnya Badan Keuangan Kelapa Sawit,” ujarnya saat ditemui di Hotel Yasmin, Cipanas, Cianjur.

Ia menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari tiga Kecamatan yakni, Sukaresmi, Cikalongkulon dan Mande. Terutama masyarakat yang berada di sekitaran perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA: Gelar Reses di Cikadu, Endang S Tohari Salurkan Bantuan Miliaran Rupiah

“Karena Ibu sebagai Anggota DPR RI mewakili dapil Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, jadi untuk Cianjur dilakukan secara offline dan Kota Bogor dilakukan via zoom,” kata dia.

Sasaran peserta yang yang ikut kegiatan ini, lanjut Endang, ada dari pemerintah desa yang berada di lingkungan perkebunan kelapa sawit, petani kelapa sawit, karyawan PT kelapa sawit, penyuluh, serta Dinas Pertanian dan Perkebunan.

“Ya semoga dengan kegiatan ini masyarakat bisa mengetahui informasi bahwa sawit ini tidak jahat terhadap lingkungan dan juga masyarakat bisa memanfaatkan kelapa sawit ini bisa di olah menjadi prodak UMKM,” ucapnya.

Kaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kelapa sawit, Hj Endang menjelaskan, lebih di luar kebun kelapa sawitnya, karena kebanyakan disini itu kelapa sawit milik PT PN nya atau BUMN bukan milik masyarakat.

“Sehingga kalau kebun sawit ini milik masyarakat, kita bisa kembangkan atau ada usulan program-program terkait itu,” ucap Endang.

Menurutnya, kegiatan ini adalah awal pemicu atau stimulan bahwa ternyata pengelolaan sawit rakyat itu bisa, hanya saja yang menjadi kendala tidak ada sarana pabrik pengolahannya.

LIHAT JUGA: Peringati HUT PIRA ke-14, Endang S Thohari Salurkan Ratusan Sembako

“Tapi tadi juga banyak peserta yang mengusulkan minimal harus ada pabrik kecil untuk pengolahannya, sehingga mereka nantinya tidak bingung harus memasarkan kemana,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebetulnya untuk program-program aspirasi dari anggota komisi IV terkait kelapa sawit ini di wilayah Cianjur Bogor memang belum ada, karena ini baru awal dan harus menempuh persyaratan yang lumayan tidak mudah karena Cianjur Bogor ini bukan Daerah khusus komoditas kelapa sawit.

“Tapi nanti pasti kita sampaikan usulan-usulan dari masyarakat, dan mudah-mudahan ini ada solusi dari Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dan Direktorat Jenderal Perkebunan untuk bisa mengembangkan kelapa sawit di Cianjur,” tutup Hj Endang. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks