Today

Fakta Seputar Gerhana Bulan yang Akan Terjadi Besok

CIANJURTODAY.COM – Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi di Indonesia besok, Sabtu 11 Januari 2020. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana ini dapat disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Waktu Terjadinya Gerhana Bulan

BMKG menuturkan bahwa waktu terjadinya gerhana esok hari, akan dimulai pukul 00.05 WIB. Puncaknya pukul 02.10 WIB dan berakhir pada 04.14 WIB.

“Dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari mulai hingga berakhir adalah 4 jam 08,7 menit.” tulis BMKG dalam keterangan resminua, Kamis (9/1/2020).

Seluruh proses gerhana dapat dilihat di Asia, Eropa. Kemudian sebagian besar Afrika bagian timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia.

Untuk proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik. Kemudian sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur.

Sedang proses saat bulan terbenam dapat diamati di Amerika utara bagian barat laut. Samudera Pasifik bagian barat, dan sebagian besar Australia bagian timur.

Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur. (ct2/bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button