Today

Fasilitas Lengkap dan Nyaman, Pelayanan Poli Gigi di RSUD Cimacan Buka Mulai Senin hingga Sabtu

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Informasi terbaru bagi warga Cipanas dan sekitarnya, karena kini pelayanan poli gigi RSUD Cimacan dibuka mulai Senin sampai Sabtu, jam 08.00 sampai dengan 14.00 Wib.

Dokter gigi RSUD Cimacan, Hariansyah Buana Putra mengatakan, fasilitas dan perlengkapan poli gigi RSUD Cimacan sendiri sudah lengkap dan terjamin kualitasnya.

“Kami sudah memiliki tiga dental unit atau unit gigi, begitupun dengan peralatan untuk kedokteran gigi dan bahannya sudah lengkap,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (8/4/2021).

Pendaftaran pelayanan poli gigi di RSUD Cimacan, lanjutnya, dapat dilakukan secara online ataupun bisa langsung datang ke RSUD Cimacan. Namun, lanjutnya, selama masa pandemi ini disarankan agar pendaftaran dapat dilakukan secara online saja, sehingga bisa mengurangi penumpukan pasien yang akan berobat.

“Iya jadi untuk sementara ini kita rencanakan pendaftaran secara online dan mengurangi penumpukan pasien di pendaftaran, agar semua pasien bisa menjaga jarak. Tapi memang sangat susah, karena beberapa pasien yang sudah tua tidak mengerti soal pendaftaran online itu sendiri. Jadi kami tetap melayani secara langsung ataupun online,” terangnya.

Ia mengatakan, dari segi pelayanan untuk anak dan dewasa pun hampir sama, tapi kasusnya sendiri yang berbeda. Jadi untuk pelayanan gigi anak sendiri lebih pada pencegahan dan untuk dewasa lebih ke rehabilitatif.

“Pelayanan untuk anak kami berikan edukasi sekaligus bagi orang tuanya. Jangan sampai menunggu sakitnya dulu, baru datang berobat. Namun harus terjadwal, setiap tiga bulan sekali, karena ada warna hitam sedikit itu harus langsung di tambal,” ungkapnya.

Masalah biaya, lanjutnya, sangat tergantung dan berbeda-beda. RSUD Cimacan pun melayani BPJS Kesehatan untuk pembayaran dalam penanganan di poli gigi.

“Dalam pembayaran menggunakan BPJS itu bisa banget, malahan kami sangat menganjurkannya. Karena memang bisa tercover oleh BPJS,” sebutnya.

Keluhan dari masyarakat rata-rata mulai dari ingin mencabut giginya, ingin membersihkan karang gigi, ingin ditambal dan untuk gigi berlubang, dan masih banyak lagi. Baik itu dari anak-anak, maupun dewasa.

“Rata-rata pasien ke poli gigi yang datang per hari bisa 10 sampai 15 orang, mulai anak-anak hingga dewasa,” ucapnya.

Pelaksanaan pemeriksaan di masa pandemi seperti sekarang, sambungnya, RSUD Cimacan sangat menjamin keamanan dan kebersihan. Karena, poli gigi RSUD Cimacan memiliki tindakan aerosol dan nonaerosol. Tindakan aerosol sendiri seperti tambal itu tindakan yang mengeluarkan cairan.

“Jadi sebelum kami melakukan tindakan seperti itu, kami melakukan rapid test terlebih dahulu pada pasien. Jadi kalau misalnya pasien itu reaktif, kami tunda dulu perawatannya dan meminta pasien tesebut untuk isolasi mandiri. Begitupun tindakan nonaerosol seperti mencabut gigi, saya kira aman, karena semua perawat dan dokternya selalu menggunakan APD lengkap dan sirkulasi udara yang baik,” bebernya.

Sementara ini, lanjut Hariansyah, di poli gigi RSUD Cimacan menyediakan pelayanan rapid test secara gratis, baik itu pasien umum maupun pasien BPJS.

“Kebanyakan pasien keberatan untuk melakukan rapid karena biaya atau apapun itu, makanya di sini kami menyediakan pelayanan rapid secara gratis. Sehingga para pasien tidak perlu pusing merawat gigi dan harus rapid test dulu, karena itu gratis,” tandasnya.(ct9/sis)

Berita Lainnya

One Comment

  1. Aku, salah satu pasien Poli Gigi rsud cimacan sangat merasa berterimakasih atas semua pelayanan yang di sediakan. Fasilitas dan dokternya tidak usah diragukan lagi. The Best pokonya..
    Btw, aku pasiennya dokter Hariansyah. Hai dok. Makasih ya dok

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker