Gaya Hidup

Film Animasi Karya Anak Bangsa, Rekomendasi Tontonan Anak Islami Selama Ramadan

CIANJURTODAY.COM – Zaman sekarang banyak tontonan untuk anak yang sudah mulai hilang dari pertelevisian. Kini sudah banyak film animasi karya anak bangsa yang bisa menjadi tontonan anak Islami selama Ramadan. Selain menyajikan cerita yang unik juga ada nilai-nilai edukasi yang menarik juga, lho.

Lewat visual yang ada dalam animasi Islami ini, anak-anak bisa terpengaruh dan mencontoh karakter yang ada di dalam film. Apa saja ya? Yuk simak di bawah ini.

Film Animasi Karya Anak Bangsa

Riko The Series

Dirilis pada (9/2/2020) dengan harapan yang besar oleh para pendirinya, yakni Teuku Wisnu, Arie Untung dan juga Yuda Wirafianto.

Animasi ini dibuat untuk meningkatkan keingintahuan anak-anak tentang ilmu pengetahuan dan agama. Riko the series bisa dinikmati oleh anak berusia tujuh hingga lima belas tahun.

Rico The Series juga menyelipkan sirah-sirah, sejarah-sejarah yang masih relevan dengan alur cerita, ilmuan di dinasti Abbasiyah dan yang lainnya.

Diperankan oleh Riko sebagai pemeran utama. Riko dalam serial ini digambarkan sebagai anak yang ceria, punya rasa ingin tahu yang besar dan juga energik.

Sifat-sifat yang Riko miliki, membuat Riko gemar bereksperimen pada hal hal baru. Riko yang berusia delapan tahun juga sosok yang menyenangkan dan terkadang humoris.

Nussa

Nussa merupakan salah satu animasi karya anak bangsa yang juga mendapat sambutan baik di masyarakat.

Sejak perdana tayang di YouTube, film animasi Nussa berhasil menempati posisi trending satu hingga beberapa minggu, dengan jumlah view lebih dari tiga juta.

Menampilkan dua karakter utama bernama Nussa dan Rara, animasi ini dinilai edukatif karena sangat banyak mengedepankan nilai-nilai keislaman.

Salah satu episode yang berkesan adalah kisah di mana Nussa ternyata selama ini menggunakan kaki palsu, namun ia tetap bersyukur atas nikmat Allah.

Seri kartun yang diproduksi oleh The Little Giantz ini juga menyelipkan lagu-lagu Islami yang liriknya tentang Rukun Islam, Rukun Iman, hafalan doa, asmaul husna dan masih banyak lagi.

Syamil dan Dodo

Rilis perdana pada tahun 2013, seri kartun Syamil dan Dodo pada mulanya bertujuan untuk menemani anak-anak di bulan Ramadan.

Animasi ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan anak berkualitas.

Nah, animasi Syamil dan Dodo mengisahkan tentang persahabatan dua anak. Dodo digambarkan sebagai anak dengan kepala botak yang ceria namun sering sekali bersikap jahil. Sedangkan karakter Syamil digambarkan sebagai anak yang pintar dan patuh.

Syamil juga tak sungkan untuk menasihati atau menegur Dodo ketika melakukan kesalahan atau lalai mengerjakan kewajibannya. Animasi ini mengajarkan pada anak-anak untuk menjaga persaudaraan sesama muslim.

Alif Alya

Alif Alya merupakan salah satu kartun hasil kerjasama Alif Alya Indonesia, Indonesia Animasi Teknologi, dan HHK Animation Academy.

Seperti judulnya, seri animasi ini berpusat pada tokoh bernama Alif dan Alya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di setiap kisahnya, Alif Alya lebih menonjolkan masalah akhlak. Anak-anak yang menonton ini diajak untuk mengikuti apa yang dicontohkan oleh karakter utama.

Misalnya saja untuk saling tolong menolong, mengawali kegiatan apapun dengan berdoa, dan menghormati orangtua.

Selain itu, Alif dan Alya juga menghadirkan lagu anak-anak yang hampir sudah tak lagi terdengar di Indonesia.

Itu dia film animasi islami karya anak bangsa, jangan lupa untuk para orang tua harus bijak dalam memilih tontonan untuk anak-anak. Ohiya, animasi di atas bisa disaksikan melalui Youtube ya.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button