Pendidikan

Film Dokumenter Netflix Akan Ditayangkan di TVRI, Ini Jadwalnya

CIANJURTODAY.COM – Film dokumenter Netflix akan ditayangkan di TVRI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan kemitraan dengan penyedia layanan hiburan streaming kelas dunia itu sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah. Ini akan menjadi pertama kalinya di dunia, film-film dokumenter Netflix akan ditayangkan melalui siaran televisi.

Penayangan film dokumenter Netflix di TVRI akan dilaksanakan mulai Sabtu (20/06/2020) mendatang. Film-film dokumenter persembahan Netflix akan tayang perdana setiap Sabtu pukul 21. 30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB. Tayangan-tayangan ini akan disiarkan secara terestrial melalui TVRI (Televisi Republik Indonesia).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, mengatakan hal ini dilakukan Kemendikbud sebagai upaya mempermudah dalam proses pembelajaran. Terlebih untuk menangani keterbatasan internet yang mungkin dialami masyarakat disebagian daerah.

“Program Belajar dari Rumah di TVRI ditujukan untuk membantu peserta didik, orang tua, dan guru yang memiliki keterbatasan akses internet, baik karena kendala ekonomi maupun geografis.” kata Nadiem, seperti dikutip dari situs Kemendikbud pada Kamis (18/06/2020).

Hal ini pun guna memastikan agar dalam masa yang sulit ini para peserta didik tetap mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran dari rumah di saat masa libur sekolah. Dengan tayangan-tayangan berkualitas dan mampu menambah pengetahuan.

“Tidak terkecuali pada masa libur sekolah, Kemendikbud tetap berkomitmen untuk menyediakan tayangan berkualitas tinggi yang mendidik dan menghibur.” tambahnya.

Gunakan Bahasa Indonesia

Wakil Presiden Konten Original Bahasa Lokal Netflix, Bela, menyampaikan bahwa beberapa dokumenter pembelajaran Netflix Original yang dapat disaksikan pada program Belajar dari Rumah. Di antaranya “Our Planet”, “Street Food: Asia”, “Tidying Up with Marie Kondo”, “Spelling the Dream”, “Chasing Coral”, dan “Night on Earth”. Film dokumenter tersebut akan ditayangkan dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Selain itu, diharap seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan usia dapat ikut belajar. Serta terinspirasi oleh alam yang sangat menakjubkan ketika menyaksikan film-film dokumenter seperti “Our Planet”. “Night on Earth”, atau oleh cerita tentang kegigihan dan penjelajahan seperti dalam dokumenter “Spelling the Dream” dan “Street Food: Asia”.

Kemendikbud mengapresiasi dukungan Netflix yang untuk pertama kalinya di dunia bekerja sama dengan pemerintah untuk menayangkan dokumenter terbaiknya melalui siaran televisi. Dengan berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, penumbuhan karakter, dan perluasan wawasan kebudayaan. (ct4/rez)

Sumber: Kemendikbud | Foto: Ilustrasi

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker