Today

Forum RTRW Cianjur Siapkan Tiga Program: Ketahanan Pangan, Energi, dan Lingkungan Hidup

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Forum RTRW Cianjur menggelar kegiatan bimbingan teknis One Day Workshop Energi dan Lingkungan Hidup berbasis RW RT se-Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Amen, Cipanas, pada Senin (15/3/2021).

Ketua Forum RTRW Cianjur, Daseng Hakimi, mengatakan, ada beberapa program yang akan dijalankan oleh pihaknya. Di antaranya ketahanan pangan, energi, dan lingkungan hidup.

“Itu program yang akan kita jalankan dan sudah ada beberapa yang sudah berjalan. Alhamdulillah dari kekompakkan temen-temen, Forum RTRW Kabupaten Cianjur bisa berjalan,” ujarnya.

Daseng memberikan pemaparan mengenai program ketahanan pangan. Setiap kecamatan diprogramkan memiliki lumbung padi sendiri, sehingga, stok beras bisa diputarkan kepada masyarakat setempat. Ketika ada petani yang panen hasilnya didistribusikan dan dibeli oleh warga.

“Nah jadi supaya ketahanan pangan tetap terjaga, petaninya juga bisa terangkat. Daripada kita datangkan beras dari luar, lebih baik memaksimalkan potensi yang kita miliki. Apalagi Cianjur itu kan penghasil beras berkualitas,” tuturnya.

Program berikutnya adalah masalah energi. Pihaknya akan menyosialisasikan gas nonsubsidi karena gas subsidi untuk warga kurang mampu. Bagi warga yang menengah ke atas akan disosialisasikan memakai gas nonsubsidi.

“Jadi nantinya kita berkerja sama dengan RT RW. Kita pastikan untuk membeli membeli gas yang nonsubsidi bagi kelas menengah, tapi kalau orangnya miskin ya tetap kita pertahankan yang subsidi,” tambahnya.

Program terakhir mengenai lingkungan hidup untuk penanganan pengelolaan sampah. Pihaknya sudah bekerja sama dengan salah satu aplikasi bernama Grini.

“Nanti kita mencoba yang awal kan membuang sampah itu bayar kepada penarik samapah. Nah, kalau nanti gak bayar. Setelah kami kerjavsama dengan Grni Insya Allah sampah itu akan dibeli oleh RT RW dengan sistim aplikasi. Tinggi klik lalu akan dijemput dan dikilo, lalu nanti kita bayar,” tandasnya.(ct6/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button