Today

Foto Indahnya Pelangi di Berbagai Sudut Cianjur

Foto pelangi menghiasi beberapa sudut di Cianjur pada Rabu (24/3/2021) sore tadi ramai diperbicangkan. Banyak masyarakat Cianjur yang mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

Sebelum munculnya pelangi, langit di Cianjur sedang mendung disertai petir dan turun hujan di beberapa wilayah. Salah satu masyarakat yang mengabadikan momen tersebut, Intan (19) mengungkapkan bahwa fenomena ini memang jarang terjadi terlepas cuaca saat siang hari tadi.

“Indah sekali tadi pelanginya padahal tadi siangnya mendung terus ada petir juga, fenomena yang jarang terjadi aja,” ujarnya saat diwawancarai Cianjur Today.

Berbeda di Jalan Perintis Kemerdekaan Kampung Cikaret, Lida (20) menyaksikan pelangi ada dua dalam langit yang sama. Ia merasa beruntung dapat melihatnya karena menurutnya hal itu lamgka.

“Belakangan ini pelangi jarang sekali muncul, walaupun sekalinya muncul hanya sebentar tapi yang sebentar itu biasanya berkesan. Apalagi pelangi double jarang banget muncul di Cianjur, beruntunglah kalian yang bisa menyaksikan keindahan pelangi secara langsung sore tadi,” paparnya.

Foto Pelangi di Cianjur

Lokasi: Jalan HOS Cokroaminoto Cianjur
Lokasi: Desa Babakancaringin Kecamatan Karangtengah
Lokasi: Desa Babakancaringin Kecamatan Karangtengah
Lokasi: Gang Rinjani Kecamatan Cianjur
Lokasi: Foto pelangi di Desa Nagrak Kecamatan Cianjur
Proses Terjadinya Pelangi

Terjadi karena proses pembiasan, matahari membiaskan sinarnya ke tetes-tetes atau air dan menghasilkan warna-warna indah yang terpisahkan.

Saat proses pembiasan sinar matahari terjadi, cahaya dibelokan berpindah tempat dari arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya (udara ke air).

Adanya perbedaan panjang gelombang dan perbedaan sudut saat sinar matahari dibiaskan itulah yang meyebabkan warna-warna pada sinar matahari menyebar dan terpisah.

Ternyata, ada sinar matahari yang memantul kembali atau lebih tepatnya dipantulkan. Nah saat sinar matahari datang lagi menembus air saat hujan, cahaya tersebut dibiaskan lagi.(ct7/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button