Pendidikan

Galau Memilih Jurusan Kuliah? Simak Apa Saja yang Harus Kamu Ketahui dan Persiapkan!

CIANJURTODAY.COM – Memang tidak mudah untuk memilih jurusan kuliah dan kadang bikin galau. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memilihnya. Banyak sekali orang yang sudah menentukan pilihannya, namun setelah masuk malah merasa salah pilih jurusan.

Kiat Memilih Jurusan Kuliah

Nah, buat kamu yang masih galau memilih jurusan kuliah, solusinya kamu harus tahu dulu prioritas apa saja yang menentukan jurusan. Artikel ini akan menjelaskannya, simak ya!

Memilih Jurusan Kuliah dari Passion

Hal yang paling terpenting dalam menentukan jurusan adalah memilih atas keinginanmu sendiri atau sesuai passion. Karena yang mengetahui apa yang kamu minati dan kamu sukai hanyalah dirimu sendiri.

Ini bisa menjadikan kunci awal untuk tahu kemana arah minat kamu. Seperti, pelajaran favorit kamu apa? Misalnya, kamu suka sekali dengan pelajaran IPA dan suka hitungan, kamu bisa lebih mengarah ke jurusan Kedokteran, Sains, Pertanian, Biokimia, Biologi, Matematika, dan lain-lain.

Kamu lebih suka menghafal dan pelajaran sosial, bisa memilih jurusan Komunikasi, Sosiologi, Kriminologi, dan yang lainnya. Dengan mengetahui itu, kamu sudah sedikit menjawab kegalauan tentang jurusan yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang ternyata nggak kamu banget!

Motivasi Diri

Tanpa adanya motivasi yang jelas, kamu tidak akan nyaman menjalani dunia perkuliahan. Nantinya, malah akan berdampak ke nilai IPK kamu juga. Jadi, usahakan kamu punya motivasi diri mengapa memilih jurusan itu.
Potensi

Mengetahui potensi sendiri dapat menjadi prioritas memilih jurusan yang tepat. Kalau potensi kamu lebih mengarah ke bidang olahraga, kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan olahraga. Jika belum mengetahui potensi, kamu bisa gali potensi diri kamu sebisa mungkin ya.

Menentukan Jurusan Kuliah dari Kepribadian

Dengan mengetahui kepribadian diri kamu sendiri, memilih jurusan kuliah ternyata akan lebih mudah.

Menurut John Holland, kepribadian dapat dikelompokkan menjadi enam. Keenam kelompok kepribadian itu, yaitu: kepribadian realistic (realistis), thinkers (pemikir), creators (berjiwa seni), helpers (penolong), persuaders (menguasai orang lain), dan organizers (terorganisir).

Enam kepribadian tersebut bisa kamu cocokkan dengan tipe jurusan yang akan kamu pilih, sesuai atau tidak. Jika kamu adalah orang yang terorganisir, mungkin kamu bisa memilih jurusan seperti Manajemen.

Jangan Mengikuti Orang Lain

Mengikuti orang lain akan membuat kamu terombang-ambing nantinya. Hanya karena ingin selalu barengan dengan teman kamu, kamu jadi mengikuti apa yang dia inginkan. Temanmu bisa menjalankan kuliahnya karena itu pilihannya, sedangkan untuk kamu nantinya jurusan itu akan malah akan menjadi beban karena kamu tidak menyukainya.

Konsultasi Berdasarkan Pengalaman

Kamu bisa berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling, orang tua, kakak kelas, atau orang yang sudah berpengalaman.

Kamu dapat bertanya tentang pengalaman mereka memilih suatu jurusan sampai dengan prospek pekerjaan setelah lulus. Bertanya langsung secara real akan memudahkan kamu, menyesuaikan antara fakta pengalaman yang terjadi dengan kemampuan yang kamu miliki.

Peluang Masa Depan

Peluang masa depan bisa disebut dengan cita-cita. Mungkin pada masa kecil yang paling menjawab pertanyaan apa cita-cita kamu? Jawabannya adalah dokter, pilot, dan sebagainya.

Tetapi tidak semudah itu saat kamu beranjak dewasa. Solusinya bisa dengan mencari dan menentukan jurusan kuliah yang peluangnya menjanjikan. Karena itu kamu wajib mengetahui jurusan yang sesuai dengan cita-cita kamu ke depan. Mantapkan hati dan fokus menjalaninya untuk menyeimbangkan kemampuan dan peluang masa depan.

Biaya

Dari semua hal di atas, jangan lupa untuk memprioritaskan masalah biaya juga. Bila kemampuan biaya yang orang tua kamu miliki tidak sebanding dengan jurusan yang kamu inginkan. Maka, perkuliahan kamu bisa menjadi kendala nantinya.

Meskipun kamu dapat mencari beasiswa, tetapi tidak semua anak bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah. Oleh karena itu semaksimal mungkin sesuaikan keinginan kamu dengan biaya orangtua juga ya.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker