Today

Galian C di Gekbrong Longsor, Empat Penambang Tewas Tertimbun

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sebanyak empat orang penambang tewas tertimbun longsor di area galian golongan C di Gunung Bubut, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur pada Kamis (22/4/2021) dini hari. Diketahui, pertambangan tersebut dikelolah oleh PT Dutaprima Ekasarana.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan menjelaskan, peristiwa itu bermula ketika hujan melanda lokasi pada Rabu (21/4/2021) pukul 16.00 Wib.

“Hujan turun deras dan terjadi genangan-genangan air di sekitar lokasi galian,” tutur dia kepada Cianjur Today, Jumat (30/4/2021).

Malam hari, lanjut dia, seperti biasa para pekerja memproduksi pasir. Sekitar pukul 00.30 Wib, terjadi longsor dari tebing bekas galin sebelumnya.

“Posisinya berada di belakang para pekerja, dengan jarak sekitar 120 meter dan ketinggian tebing sekitar 110 meter,” kata dia.

Material longsor pun, kata dia, menimbun para pekerja yang berjumlah delapan orang. Empat di antaranya meninggal dunia.

“Empat orang meninggal dunia, dan empat orang lagi dapat diselamatkan dan langsung dibawa ke RS Bunut Sukabumi untuk mendapat perawatan. Dari empat orang yang dirawat, tiga orang sudah kembali pulang, tinggal satu orang lagi yang dirawat,” kata dia.

Korban tewas yaitu warga Manglid Sukalarang Kabupaten Sukabumi, U (30) dan U (50). Lalu, warga Cimanggu Sukalarang Kab. Sukabumi, M (21). Terakhir, warga Cikahuripan, Gekbrong, Cianjur, P (32).

”Pihak perusahaan PT Dutaprima Ekasarana bertanggung jawab atas semua pembiayaan, baik biaya pemulasaraan jenazah yang meninggal dunia, maupun biaya pengobatan yang selamat, dan pihak perusahaan akan memberikan semua hak-haknya para pekerja,” tandasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button