Today

Gegara Covid-19, Pembangunan Wahana Edukasi di Aquila Sukaresmi Dihentikan Sementara

CIANJURTODAT.COM, Pacet – Pengelolaan lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat di kawasan Aquila Beunying, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur kini harus dihentikan untuk sementara.

Bahkan, pembangunannya yang direncanakan dimulai tahun ini digadang-gadang sebagai wahana edukasi sekaligus destinasi wisata berkonsep taman kreatif.

“Aset Pemprov Jabar yang berada di kawasan Aquila Beunying, Kecamatan Sukaresmi dan Pacet Kabupaten Cianjur itu selain berfungsi sebagai konservasi alam, telah diagendakan untuk dibangun sebuah taman kreatif. Termasuk sebagai objek wisata baru di wilayah utara Cianjur,” ujar Sekretaris Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat, H Sadar Muslihat kepada Cianjur Today (3/12/2020).

Sadar mengunhkapkan, rencana Pemprov Jabar untuk membangun taman di lahan tersebut, menjadi terhenti sementara akibat adanya pandemi Covid-19. Karena anggaran di 2020 itu dialokasikan untuk penanganan Covid-19 di Jabar.

“Rencana pembangunannya jadi ditangguhkan karena Covid-19 hingga batas waktu yang belum ditentukan,” kata dia.

Walaupun begitu, pihaknya mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga dan memelihara lingkungan. Termasuk lahan milik pemerintah yang secara tidak langsung bisa memberikan kontribusi terhadap penanganan antisipasi bencana alam yang saat ini sering terjadi di beberapa wilayah Jabar khususnya di Kabupaten Cianjur.

“Itulah salah satu implementasi dari nilai-nilai Pancasila yang harus tergambar dari apa yang terjadi di masyarakat. Jangan sampai hanya gembar-gembor semata, tapi pembangunan moral tidak berjalan,” ungkapnya.

Adapun rencana pengelolaannya, hingga akhir pembahasan di Jabar, belum sampai ke arah siapa yang nantinya mengelola. Apakah dilimpahkan ke vendor (pihak ketiga) atau tidak.

“Namun yang jelas, untuk konsepnya sendiri memang telah ada di bawah Dinas Kehutanan Provinsi Jabar. Jadi nanti konsepnya, akan ada spot wisata, fasilitas bermain, tempat berdiskusi, serta kuliner,” pungkasnya.(ct6/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker