Today

Gempa Banten Hari Ini Terasa Hingga Sukabumi

CIANJURTODAY.COM – Gempa di wilayah Bayah, Banten hari ini terasa di beberapa wilayah selatan Pulau Jawa.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengatakan, gempa terjadi pada Minggu (20/2/2022) sekitar pukul 00.26 WIB. Tepatnya di Bayah Banten itu adalah gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 4.3.

Pusat gempa terletak pada koordinat 7.19 LS dan 106.08 BT. Atau berlokasi di kedalaman 10 Kilometer laut pada jarak 34 km Barat Daya BAYAH-BANTEN.

Baca Juga: Gempa BAYAH-BANTEN Terasa Sampai Cianjur? Tidak Berpotensi Tsunami

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto menyatakan, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Pensesaran di bawah laut.

Lebih lanjut Hartanto menyatakan, berdasarkan laporan masyarakat serta gambaran peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, gempa terasa di wilayah Pandeglang, Banten. Getaran yang terasa masuk dalam kategori intensitas II – III MMI. Yaitu getaran yang hanya dirasakan beberapa orang serta benda ringan yang digantung bergoyang.

Hal itu juga terasa di Cibadak, Sukabumi dengan skala intensitas yang sama. Namun, tidak ada laporan pasti terkait dampak gempa tersebut di wilayah Cianjur.

Hingga berita ini tayang, belum ada laporan dampak kerusakan dari gempa Banten hari ini yang diterima oleh BMKG. Hal ini kemungkinan, karena gempa terjadi pada dini hari saat masyarakat tengah tertidur. Sehingga banyak yang tidak menyadari adanya getaran gempa.

Baca Juga: Breaking News: Warga Cianjur Rasakan Gempa Hari Ini

Menurut Hartato, tercatat adanya satu aktivitas gempa susulan pada pukul 00:51 WIB dari hasil monitoring.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bertanggungjawab tentang gempa hari ini. Pasca gempa, banyak beredar isu hoax dan disinformasi akan datangnya tsunami di eilayah selatan pulau Jawa(arm)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami