Today

Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Malang, Getarannya Sampai ke Yogyakarta dan Bali

CIANJURTODAY.COM, Malang – Gempa bumi dengan magnitudo 6,1 berpusat di Malang, Jawa Timur terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 Wib. Getarannya pun terasa hingga Yogyakarta dan Bali.

Menurut Informasi BMKG, disampaikan bahwa gempa bumi yang terjadi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Malang, Jawa Timur dengan kedalaman 25 km.

“Gempa bumi ini merupakan merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” tulis BMKG.

Adapun guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Malang, Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, dan Banjarnegara.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Semula, gempa Malang tercatat bermagnitudo (M) 6,7. Kini, BMKG memutakhirkan datanya. Gempa Malang bermagnitudo (M) 6,1.

“Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M 6,7 kemudian di-update menjadi magnitudo M 6,1,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, lewat keterangan tertulis, hari ini.

Salah satu warga di Sewon Bantul, Muhammad mengatakan bahwa gempa terjadi selama kurang lebih 3-5 detik.

“Saya tidur di kamar, pegang HP Lalu lihat pintu kamar goyang, saya langsung teriak dan membuka pintu sambil mengajak anggota keluarga yang lain segera keluar rumah,” ungkapnya.

Netizen banyak mendoakan agaf tidak ada korban dari fenomena alam ini. Ramainya postingan warganet membuat Malang dan Bali jadi trending topic di Twitter Indonesia.(sis/bbs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button