Today

Global Wakaf-ACT Cianjur Resmikan Sumur Wakaf di Pesantren Al-Muslih Munjul

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Global Wakaf-ACT Cianjur meresmikan Sumur Wakaf di Pesantren Al-Muslih yang berlokasi di Kampung Munjul Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur, Cianjur pada Jumat (24/6/2022). Persemian sumur wakaf dan fasilitas sanitasi ini dihadiri langsung oleh perwakilan Global Wakaf – ACT Cianjur dan pimpinan Pondok Pesantren Al-Muslih. 

Dani Firdaus selaku tim program Global Wakaf – ACT Cianjur menyampaikan bahwa Sumur Wakaf ini dibangun dengan dana wakaf secara kolektif dari masyarakat umum.

“Iya jadi ada yang wakaf sepuluh ribu, lima puluh ribu, seratus ribu, sampai jutaan, kita kolektifkan semuanya. Setelah terkumpul dana yang mencukupi untuk pembangunan satu sumur beserta fasilitas sanitasinya, barulah kita implementasikan pembangunannya,” ungkapnya dari keterangan resminya.

Selain sumur bor sebagai sumber air, pada program pembangunan sumur wakaf ini juga dibangun fasilitas sanitasi berupa MCK/kamar mandi dua pintu dan keran wudhu sebanyak lima keran. Sumur dan fasilitas sanitasi ini nantinya akan digunakan oleh sekitar 50 orang santri dan santriwati di pesantren Al-Muslih, serta 10 orang ustadz yang mengajar disana.

Sebelumnya, para santri di pesantren Al-Muslih menggunakan air dari buangan saluran irigasi untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci pakaian. Pada momen peresemian sumur wakaf ini juga dilakukan aksi penanaman bibit pohon sebagai bentuk penjagaan lingkungan. 

Ustadz Agung Taufiqurrahman selaku pimpinan pesantren Al-Muslih menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur dan pewakaf yang telah minitipkan wakafnya kepada Global Wakaf sehingga di pesantrennya bisa dibangun sumur bor dan fasilitas sanitasi yang layak untuk para santri.

“Kami menghaturkan terima kasih kepada ACT Cianjur, juga kepada para dermawan yang telah menitipkan kepercayaannya melalui Global Wakaf sehingga di pesantren kami bisa dibangun sumur ini. Kita berharap semoga ini menjadi amal jariyah yang tidak terputus, karena insyaAllah air ini akan setiap hari digunakan oleh para santri untuk keperluan beribadah,” ucapnya.

Pembangunan sumur wakaf dan fasilitas sanitasi menjadi salah satu program unggulan di Global Wakaf – ACT. Program ini bahkan bukan hanya dilaksanakan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain yang kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih, seperti di Palestina, Yaman, Uganda, Somalia dan negera-negara lainnya.

Sejak tahun 2013, Global Wakaf telah menerima dan mengelola wakaf dari masyarakat secara umum. Terhitung lebih dari seribu titik sumur sudah dibangun di Indonesia dan ratusan titik tersebar di luar negeri. Selain untuk sumur, pengelolaan wakaf di Global Wakaf juga disalurkan untuk beberapa program lain seperti wakaf Al-Quran, Wakaf Ekonomi Produktif, Wakaf Sawah, Wakaf Ternak, dan beberapa program Wakaf lainnya.(afs)

Berita Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami