TodayUpdate Covid-19

Gosok Gigi dan Berkumur Bisa Cegah Corona

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Selain menerapkan protokol pencegahan Covid-19, siapa sangka kebiasaan-kebiasaan sepele bisa mencegah penularan virus corona? Salah satunya adalah rajin gosok gigi dan berkumur.

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan, gosok atau menyikat gigi bisa efektif dalam mencegah penularan virus Corona atau Covid-19. Ia pun menyebut, World Health Organization (WHO) menyarankan untuk berkumur.

“Bisa untuk pencegahan. Bahkan WHO menyarankan untuk kumur-kumur dengan air hangat dan air garam itu efektif akan membunuh (virus corona) juga.” katanya, Rabu (13/05/2020).

Ia menjelaskan, dalam penularan, virus corona membutuhkan reseptor. Intinya kebersihan menjadi pencegah utama.

“Virus corona menempel itu harus ada reseptornya mulai dari hidung, mulut, tenggorokan, sampai ke paru-paru itu semua paru-paru. Rseptor paling banyak itu di hidung dam mulut, makanya diambil sampel itu dari hidung dan mulut,” katanya, Rabu (13/05/2020).

Tangan dan kaki tidak termasuk reseptor. Namun, jika virus yang menempel di tangan kontak dengan reseptor maka akan menyebarkan penyakit.

“Kalau tidak ada reseptor seperti di tangan. Virus nempel di tangan tidak akan menyebarkan sakit, virus nempel di kaki tidak akan sakit. Kecuali nempel di tangan terus kucek-kucek ke mata ke selaput lendir, ke hidung, itu kena,” tukasnya.(afs/rez)

Foto: Pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker