Today

Gula Semut ‘Gasmood’ Cianjur Mejeng di Alfamart

Kades Gelaranyar Bangga

CIANJURTODAY.COM, Pagelaran – Gula semut ‘Gasmood’ produksi warga Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur kini bisa didapatkan di sejumlah gerai Alfamart. Selain praktis, gula ini juga sehat dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami.

Gula ini sama seperti gula aren pada umumnya. Namun yang menjadi pembeda, bentuknya berupa butiran halus seperti semut. Bisa digunakan untuk membuat kue dan bahan baku untuk produk yang membutuhkan gula. Serta tentu saja dikonsumsi langsung dicampur bersama kopi, teh atau susu.

Gasmood diproduksi sejak 2017 oleh warga Desa Gelaranyar yang tersebar di beberapa kampung. Saat ini, ada 14 keluarga yang memproduksi gula semut di rumah masing-masing. Nantinya, hasil produksi dikemas dan dipasarkan yang diakomodir oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kepala Desa Gelaranyar, Jenal, mengatakan proses produksi menggunakan cara tradisional dengan bahan yang alami. Pihaknya membeli nira dari petani sebagai bahan baku utama pembuatan gula semut.

“Nira diambil pagi-pagi oleh petani, hasilnya dibeli oleh Bumdes. Produksi melibatkan 14 keluarga di rumahnya masing-masing, mulai dipanaskan sampai dikemas untuk menggerakan perekonomian,” paparnya kepada Cianjur Today, Selasa (22/9/2020).

Setiap keluarga biasanya mampu memproduksi gula semut hungga 3 Kg. Jika ditotalkan, setiap hari Desa Gelaranyar bisa menghasilkan hingga 42 Kg gula yang siap dipasarkan. Saat ini, pesanan sudah merambah hingga Bogor dan Jakarta. Bahkan, kini, gula semut ‘Gasmood’ bisa didapatkan di sejumlah gerai Alfamart di Kabupaten Cianjur.

“Alhamdulillah kini produk kami bisa masuk ke Alfamart. Jelas kami senang dan bangga bisa masuk ke minimarket besar,” tambahnya.

Melalui pemasaran jaringan toko ritel Alfamart, diharapkan produknya bisa dengan mudah ditemui oleh masyarakat dan pemasaran produknya jadi lebih meningkat. (rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami