PendidikanToday

Gunakan Dana BOS, Sekolah Bisa Kasih Kuota Internet untuk Siswa

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kuota internet untuk belajar online atau daring bisa menggunakan dana BOS. Hal itu mengingat masih banyak kendala dalam proses KBM secara online karena sekolah belum diizinkan buka.

Harry (16) misalnya, pelajar SMA asal Cianjur ini mengaku kesulitan dalam proses belajar online. Terlebih harus membeli kuota internet dengan jumlah yang cukup besar.

“Kadang kan harus download, nonton video belajar dan lain sebagainya. Jadi kuota kecil itu cepat habis. Harus beli kuota yang agak besar,” tuturnya kepada Cianjur Today, Rabu (04/08/2020).

Selain itu, kuota internet dengan jumlah besar harganya terkadang tidak sesuai dengan kantong pelajar. Melebihi uang jajan ketika belajar normal.

“Lebih hemat kalau belajar normal. Ini bisa 10 giga habis dalam beberapa minggu saja. Kuota segitu kan gak murah,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Oting Zaenal Muttaqin, mengatakan, kepala sekolah boleh memberikan kuota internet kepada pelajar dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Boleh kepala sekolah memberikan kuota. Jadi kan di kota boleh memberikan kuota. Dari BOS,” tuturnya kepada Cianjur Today, Selasa (03/08/2020).

Sementara itu, bagi siswa yang tidak memiliki gawai atau smartphone, maka guru dapat mendatangi daerah siswa-siswa yang tidak punya smartphone.

“Jadi guru yang mendatangi 10 orang, lima orang bagi yang tidak punya smartphone. Di sini ada berapa orang (yang tidak punya HP), 10 orang, ayo berkumpul di teras, gitu.” jelasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close