Today

Gunung Buled Campaka Kebakaran, Warga Diimbau Menjauh

CIANJURTODAY.COM, Campaka – Kebakaran lahan hutan milik Perhutani terjadi di Blok Gunung Buled, Kampung Subela RT 03/RW 05, Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, Kamis (12/9/2019). Kebakaran yang menimpa hutan seluas tiga hektar tersebut terjadi sejak pukul 14.00 WIB dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 18.30.

Kapolsek Campaka, AKP Tio, mengakatan kebakaran tersebut menimpa lahan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KRPH) Cibeber yang secara teritorial masuk ke wilayah Sukajadi, Campaka.

“Lokasi pun merupakan tempat berbukit dan tidak jauh dari pemukiman penduduk,” tuturnya saat dihubungi via telepon.

Tio mengatakan, kebakaran tersebut diduga dari kelalaian seseorang warga. Kondisi hutan tersebut habis ditebang untuk dijadikan sebuah lahan pertanian. Hingga saat ini, pihaknya masih mendalami apabila adanya unsur kesengajaan pada kejadian ini.

“Jadi ini kan hutan tersebut habis ditebang dan akan dijadikan lahan pertanian. Menurut hasil pengecekan di lapangan, dugaan sementara kebakaran tersebut secara sengaja dilakukan oleh pelaku namun masih dalam lidik. Untuk adanya unsur kesengajaan atau tidak kami masih mendalaminya,” ujarnya

Selain itu, Tio mengungkapkan kebakaran tersebut hanya menimpa rumput kering. Bahkan, cuaca di tempat tersebut terbilang panas dengan angin sehingga api cepat menjalar ke beberapa bagian hutan.

“Jadi yang terbakar itu kan rumput-rumput keringnya. Juga, cuacanya yang panas dan angin yang kencang jadi api cepat menyebar,” ucapnya.

Untuk memadamkan api, Polsek Campaka dibantu dari petugas Damkar Kecamatan Cibeber, namun sedikit mengalami kesulitan akibat medan berbukit.

Tio mengimbau agar warga sekitar menjauhi lokasi untuk mengantisipasi batu yang berjatuhan ke pemukiman. Saat proses pemadaman pun warga telah dievakuasi.

“Para warga sudah dievakuasi dari sekitar lokasi. Tidak ada korban jiwa, situasi secara umum masih tetap kondusif,” pungkasnya.(ct1)

Reporter: Afsal Muhammad
Editor: M Reza Fauzie

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks