PendidikanToday

Guru dan Tata Usaha SMAN 1 Cianjur Jalani Tes Swab

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – SMAN 1 Cianjur menggelar tes swab Covid-19 bagi guru dan staf Tata Usaha (TU), Rabu (02/09/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk pendeteksian dini terhadap penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Kepala SMAN 1 Cianjur, Agam Suprianta, mengatakan, pelaksanaan tes swab Covid-19 ini diprogramkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur dan lembaga sekolah. Ada 102 orang yang mengikuti tes, 72 di antaranya merupakan guru dan 30 staf TU.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendeteksi kesehatan personel yang ada di sekolah. Sehingga, ketika pembelajaran tatap muka digelar, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi.

“Tapi kalaupun misalkan pembelajaran masih berlangsung dari rumah barangkali tidak ada salahnya kita memeriksa kondisi kesehatan dari tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah,” ujar dia.

Jika ada yang terkonfirmasi positif setelah dilakukan tes swab, pihaknya akan melakukan karantina secara pribadi atau berkoordinasi dengan tim satgas di sekolah dan kabupaten. Langkah selanjutnya akan dilakukan sesuai prosedur.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada rencana pembelajaran tatap muka. Namun, Agam mengatakan informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat selalu ada setiap dua pekan sekali.

“Kalau sudah memungkinkan dan sudah ada izin dari Pemda, bisa dilaksanakan. Tapi kalau syarat tidak terpenuhi kayaknya kita masih belajar dari rumah,” tambahnya.

Sekolah dengan jumlah siswa 1.431 itu telah siap sarana prasarana kesehatan jika pembelajaran tatap muka berlangsung. Fasilitas seperti tempat cuci tangan dan pengukur suhu pun telah disediakan.

“Kita juga sudah membentuk tim satgas tingkat sekolah yang mengarahkan pembelajaran baik anak maupun guru agar tidak terjadi interaksi yang menjadi masalah. Kalau belajar langsung insya Allah siap.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close