Today

H+2 Lebaran, Jalur Cipanas Puncak Macet : Polres Cianjur Berlakukan Satu Arah

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Hari ke 2 pasca Lebaran, Jalur Cipanas Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terpantau macet, Selasa (3/5/2022).

Maka dari itu, Polres Cianjur memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor mulai dari Puncak Pass, Selasa siang. Sebagai upaya antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan dari kedua arah Bogor menuju Cianjur atau sebaliknya.

Baca Juga: One Way Cianjur-Bogor Terus Diberlakukan Selama Weekend, Macet Sampai Berjam-jam!

Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan mengatakan, menjelang siang antrian kendaraan menuju Bogor dari Cianjur, meningkat tajam dengan ekor antrian mencapai 5 kilometer. sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Polres Bogor.

“Kita akan berlakukan sistem satu arah menuju Bogor, mulai dari Jalur Cipanas-Puncak. Sebagai upaya antisipasi terjadinya macet total sekitar pukul 14.00 WIB. Volume kendaraan di jalur utama Cianjur, meningkat sejak pagi hingga Senin siang,” ujarnya di pos Segar Alam Puncak.

Menurutnya, sejak pagi pihaknya melakukan sejumlah rekayasa untuk mencegah terjadinya antrian, namun menjelang siang volume kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor terus meningkat.

Meningkatnya volume kendaraan tersebut jarena banyknya kendaraan bernopol Jabodetabek, di mana kendaraan pemudik dan pendatang yang hendak pulang setelah bersilaturahmi mulai berbaur.

Sistem satu arah yang berlaku saat ini sifatnya situasional hingga ekor antrian di wilayah hukum Cianjur mencair. Sehingga pihaknya belum bisa memastikan berapa lama penerapan pemberlakuan sistem satu arah.

Pemberlakuan Sistem One Way di Cianjur Menunggu Situasi

“Kita masih liat situasi kalau dalam waktu tertentu sudah mencair, maka arus lalulintas akan kami buka normal kembali. Nanti kalau kembali terjadi antrian hal yang sama akan berlaku kembali setelah berkoordinasi dengan Polres Bogor,” kata Doni.

Pantauan Cianjur Today hingga pukul 13.50 WIB antrian kendaraan dengan tujuan Bogor terus memanjang, laju kendaraan tersendat sehingga ekor antrian sebelum sistem buka tutup terus memanjang. Sebagian kecil kendaraan yang terjebak antrian memilih tempat wisata untuk melepas lelah sebelum satu arah menuju Bogor berlaku kembali.

Baca Juga: Macet Parah! Polres Cianjur dan Bogor Berlakukan One Way, Seperti Ini Penampakannya

Selain itu, tingkat kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, di hari kedua lebaran mengalami kenaikan meski hanya beberapa persen. Jalur Cipanas puncak macet ini diduga karena panjangnya antrian di kawasan Bogor menuju Puncak-Cianjur. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks