Today

Hadir di Cianjur, DT Peduli Siap Bekerja dengan Amanah dan Profesional

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – DT Peduli kini telah hadir dan makin dekat dengan masyarakat Kabupaten Cianjur.

DT Peduli merupakan sebuah lembaga amil zakat nasional dan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang penghimpunan (fundaraising) dan pendayagunaan dana zakat, infaq, dan shadaqah.

Kepala Bagian Fundraising DT Peduli Cianjur, Sofi Soniya Hanifah menjelaskan, fungsi DT Peduli adalah sebagai jembatan antara para donatur dan mustahiq.

“Kami menjadi jembatan bagi donatur atau muzaki kepada para mustahik. Lembaga kami telah mendapat legalitas dari pemerintah dan dipercaya untuk menghimpun dana infaq, zakat, dan sedekah yang nantinya disalurkan langsung pada yang membutuhkan,” jelasnya kepada Cianjur Today, Kamis (10/6/2021).

Dalam penyalurannya, lanjut Sofi, DT Peduli membaginya menjadi lima aspek. Mulai dari pilar pendidikan, pilar dakwah, pilar ekonomi, pilar sosial pendidikan, pilar dakwah, dan pilar sosial.

“Lima pilar itu nantinya memiliki pecahan-pecahan kembali. Contoh untuk pendidikan ada beasiswa pelajar, mahasiswa, dan hafidz. Dakwah sosial seperti Jumah berkah, lalu ekonomi ada UKM tangguh berupa bantuan untuk bisnis bisa berupa penambahan modal,” lanjutnya.

DT Peduli sendiri didirikan oleh KH Abdullah Gymnastiar pada 16 Juni 1999 sebagai bagian dari Yayasan Daarut Tauhid.

Tujuannya adalah untuk menjadi model Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) yang amanah, profesional, akuntabel, dan terkemuka dengan daerah operasi yang merata.

“Peran kami sama seperti Baznas, hanya kami swasta di bawah naungan pesantren Darut Tauhid. Di Cianjur sendiri cabangnya baru berjalan kurang lebih lima bulan,” kata Sofi.

Sofi mengatakan, pihaknya telah melakukan banyak penyaluran dana infaq dan shadaqoh. Namun baru berupa caritas dan belum berupa pemberdayaan yang sifatnya panjang.

“Paling kami ada pengajian Baitul Quran untuk anak-anak duafa dan kegiatan seperti Jumat berkah. Insha Allah ke depannya ada pemberdayaan lain dan untuk saat ini baru sedang buka beasiswa tangguh dan persiapan usaha tani mandiri. Semoga segera acc dan berjangka panjang,” ungkapnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan donasi bagi orang yang membutuhkan lewat DT Peduli, Anda bisa menggunakan program jemput donasi atau program kotak amal peduli umat yang biasanya disediakan di
departemen store.

“Semoga kami dapat mengemban visi dan misi kami sebagai bagian dari Yayasan Daarut Tauhid dengan tekad menjadi Laznas yang amanah, profesional, dan jujur berlandaskan pada ukhuwah Islamiyah,” pungkasnya.(ega/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button