Pendidikan

Hanya Bisa Lakukan Satu Kali, Ini Jadwal Terbaru UTBK SBMPTN

CIANJURTODAY.COM – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN hanya bisa dilakukan satu kali. Berikut jadwal terbaru dan penjelasannya.

Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan bahwa UTBK untuk SBMPTN hanya bisa dilakukan satu kali oleh setiap pendaftar. Hal ini dilakukan karena memperhatikan situasi dengan mewabahnya COVID-19.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020. Surat ditujukan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Rektor PTN, Kepala SMA/MA/SMK, dan Siswa SMA/MA/SMK seluruh Indonesia.

Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengikuti satu kali tes. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, UTBK biasanya memberikan dua kali tes bagi setiap peserta.

Bahkan, untuk tes tahun ini soalan yang diberikan hanya Tes Potensi Sikolastik (TPS). Tes Kemampuan Akademik (TKA) ditiadakan agar dalam satu harinya bisa menggelar lebih banyak sesi tes. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensial Sikolastik (TPS).

UTBK dilaksanakan dalam empat sesi setiap harinya. Serta pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan. Oleh sebab itu, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi sesuai tujuan.

Jadwal Terbaru UTBK 2020

Adapun jadwal terbaru UTBK dan SBMPTN 2020 dilansir dari laman reami LTMPTN, sebagai berikut.
• 2 – 20 Juni 2020: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN
• 5 – 12 Juli 2020: Pelaksanaan UTBK
• 25 Juli 2020: Pengumuman hasil SBMPTN

Nah, itulah informasi ketentuan dan jadwal terbaru UTBK SBMPTN 2020. Pastikan kamu mempergunakan kesempatan sebaik mungkin. (ct4/rez)

Sumber: LTMPT

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks