Bisnis Today

Harga Ayam Pelung Cianjur Mulai 350 Ribu sampai Jutaan Rupiah

CIANJURTODAY.COM, Gekbrong – Harga ayam pelung Cianjur bervariatif. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung usia dan suaranya. Ayam yang sering diikutsertakan dalam kontes ini banyak penggemarnya ada dari dalam maupun luar Cianjur.

Salah seorang peternak ayam pelung Cianjur asal Kampung Jambudipa, Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Tedi Supriadi, mengatakan peminat ayam pelung cukup tinggi dan menyebar di berbagai daerah. Misalnya Jabotabek, Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tedi menceritakan, rata-rata setiap bulan ia mampu menjual ayam yang berasal dari Cianjur itu hingga 30 ekor. Itu pun dengan usia dan harga ayam pelung Cianjur yang bervariatif.

“Penjualan memang tidak menentu, namun kalau rata-rata setiap bulan bisa ngejual anak ayam pelung usia satu bulan sekitar 30 ekor dan usia lima bulan sekitar 10 ekor,” paparnya saat diwawancara, Selasa (4/8/2020).

Ayam pelung yang dijual harganya bervariasi, tergantung usia dan kualitas suaranya. Seperti ayam pelung usia satu bulan sepasang jantan dan betina harganya Rp350 ribu, usia 5 bulan sepasang Rp1 juta. Kemudian ayam pelung yang sudah siap ikut kontes satu ekor harganya Rp3 juta sampai Rp5 juta.

Ia sejak dulu beternak ayam pelung meneruskan bisnis yang sudah dijalani oleh orangtuanya. “Beternak ayam pelung mulai sejak tahun 1981. Ternaknya di Cianjur dan Sukabumi,” ucapnya.

Di Cianjur banyak pula komunitas penggemar ayam pelung hingga sering mengadakan kontes. Apabila ayam tersebut memiliki kualitas suara yang bagus, kemudian juara, maka itu akan mendongkrak nilai jualnya.

“Kalau jadi juara di kontes, ayam pelung tersebut harganya akan melambung tinggi. Bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah,” tandasnya.(ian/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker