BISNIS TODAY

Harga Bawang di Cianjur Lebih Mahal dari Daging Ayam

CIANJURTODAY.COM, Cianjur — Harga bawang merah dan bawang putih menjelang Ramadan di Cianjur masih mahal. Hal itu sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Kini, harga bawang melebihi harga daging ayam di pasaran.

Kasubbag Tata Usaha Pasar Cipanas, AA Suganda, mengatakan harga daging ayam di sana Rp34 ribu per kilogram untuk jenis broiler dan Rp38 ribu per kilogram untuk ayam kampung. Sedangkan harga bawang merah Rp33 ribu per kilogram, bawang putih kating Rp60 ribu per kilogram, dan bawang putih biasa Rp45 ribu per kilogram. Salah satu penyebabnya adalah tingginya kebutuhan masyarakat saat ini.

“Faktor cuaca dan kebutuhan. Prediksi sampai munggahan stabil lagi,” paparnya saat diwawancara, Senin (29/4/2019).

Sementara itu Dinas Pertanian, Perkebunan, Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur memaparkan harga makanan pokok secara umun stabil. Namun untuk harga bawang merah dan putih masih tinggi.

“Kami telah melakukan pengecekkan harga ke Pasar-pasar tradisional dan harga-harga makanan pokok seperti beras, cabai, dan lain sebagainya masih stabil. Yang masih tinggi itu bawang, berada di kisaran Rp53 ribu,” papar Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Abdul Hanan.

Menurutnya, tingginya harga bawang ini disebabkan oleh tingkat kebutuhan masyarakat yang meningkat. Selain itu pendistribusian bawang pun cukup jauh karena diambil dari Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

“Jadi penyebabnya adalah tingginya kebutuhan masyarakat dan jauhnya pendistribusian, karena kan perkebunan bawang itu adanya di Brebes. Jadi walaupun di kita menanam bawang itu bukan untuk kebutuhan, tapi untuk benihnya saja,” ujarnya.

Hanan memprediksi jelang Lebaran nanti harga bahan pokok akan naik hingga 10 persen. Penyebabnya karena kebutuhan masyarakat yang meningkat.

“Bisa diprediksi harga pangan jelang Lebaran nanti itu akan naik 10 persen. Ya karena kebutuhan masyarakat yang pasti akan melonjak, kami pun akan terus melakukan pengecekan. Tak hanya harga tapi juga keamanan makanan agar masyarakat tetap sehat,” pungkasnya. (rez/ct1)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan