Today

Harga Cabai, Bawang, dan Tomat Naik-Turun Jelang Ramadan 2020

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Harga cabai, bawang, dan tomat di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur naik-turun, beberapa hari menjelang Ramadan 2020. Meski begitu stok ketiganya masih mudah didapatkan.

Salah seorang pedagang, Dedi (46), menuturkan beberapa bahan pangan yang mengalami penurunan seperti cabai merah. Sementara untuk harga tomat dan bawang mengalami kenaikan.

“Harga cabai merah sekarang lagi merosot di harga Rp20 ribu perkilo, sebelumnya Rp80 sampai Rp60 ribu. Kalau tomat harganya naik, sekarang Rp8 ribu asalnya Rp5 sampai Rp6 ribu,” paparnya kepada Cianjur Today, Kamis (16/4/2020).

Harga bawang merah saat ini Rp45 ribu. Padahal sebelumnya di kisaran Rp30 sampai Rp35 ribu. Sedangkan bawang putih sekarang Rp40 ribu, harga sebelumnya sampai Rp60 ribu per kilogram.

Dedi mengungkapkan, jelang Ramadan saat ini pasokan tersebut masih mudah didapat. Namun, ia tidak bisa memprediksi apakah akan tetap mudah beberapa hari yang akan datang.

“Pasokan masih mudah, tapi gak tahu kalau ke depan. Beberapa langsung dari petani di Cipanas, ada juga yang dari Pasar Caringin Bandung,” kata dia.

Salah seorang pedagang lainnya, Iwan (40) menyebut, bahan pangan seperti cabai merah, tomat, bawang putih, dan bawang merah mengalami penurunan. Ada yang mengalami penurunan drastis, ada pula yang turun sedikit.

“Harga cabai merah sekarang Rp20 ribu, sebelumnya sampai Rp30 ribu lebih perkilo. Tomat juga lagi turun sekarang Rp7 ribu kemarin Rp8 ribu,” tuturnya.

Harga bawang putih juga turun menjadi Rp30 ribu, asalnya Rp40 ribu. Bawang merah Rp40 ribu, padahal sebelumnya mencapai Rp50 sampai Rp48 ribu.

Sama halnya dengan Dedi, Iwan menyebut bahan pangan saat ini masih mudah didapat. “Sekarang mudah, diambilnya dari Pasar Caringin. Sekarang masih mudah mendapatkan pasokan bahan pangan.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button