Today

Harga Cabai Rawit Domba di Cianjur Melonjak Naik, Tembus Rp88 Ribu Per Kilogram

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Harga cabai rawit domba di sejumlah pasar tradisional masih mengalami kenaikan cukup tinggi. Diketahui, per Selasa (16/2/2021) harga rawit domba menembus Rp88 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Ramayana, Agus (21) mengungkapkan, kenaikan harga cabai rawit domba sudah berlangsung sejak tiga minggu terakhir dan belum mengalami penurunan.

“Sebelumnya cabai rawit domba mencapai Rp100 ribu per kilogram, namun tiga minggu ini bertahan di harga Rp88 ribu per kilogram dan belum tahu kapan turun lagi,” ujar Agus kepada Cianjur Today, Selasa (16/2/2021).

Agus mengatakan, kenaikan harga cabai rawit domba terjadi dikarenakan sedikitnya barang yang dikirimkan petani cabai dan para distributor ke pasaran. Sementara itu, lanjutnya, permintaan cabai tinggi dan banyak.

“Pasokan dari petani dari sananya sekarang sedikit dan susah, otomatis barangnya juga gak ada dan susah untuk didapatkan,” ungkapnya.

Harga cabai merah tanjung dan cabai hijau, lanjutnya, masih berkisar di harga Rp44 ribu per kilogram, karena hanya cabai rawit domba saja yang mengalami kenaikan.

“Harga cabai yang lainnya masih stabil dan berkisar Rp44 ribu per kilogram,” jelasnya.

Sementara itu, Bendahara UPTD Pasar Cipanas, Iman Rohiman mengatakan, komoditas cabai rawit domba berkisar di harga Rp80 ribu per kilogram. Harga tersebut sudah mengalami naik turun sejak awal 2021, karena stok cabai yang sedikit terutama di musim penghujan seperti saat ini.

“Iya kang, dari awal tahun cabai rawit domba ini sedang mengalami kenaikan karena kekurangan stok dari petani cabai,” ujar Iman.

Pihaknya menuturkan, kekurangan stok dari petani cabai tersebut karena penanaman cabai di musim hujan lebih sering banyak yang busuk, sehingga saat ini stok cabai menipis.

“Beberapa minggu lalu harga cabai rawit domba sempat berkisar Rp100 ribu per kilogram, kini sudah lumayan turun hingga Rp80 ribu. Karena harga normal cabai itu sekitar Rp30 ribuan, tapi sekarang masih di angka Rp80 ribu,” tandasnya.(ct9/ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami