Today

Harga Cabai Rawit Merah di Pasar Cipanas Makin “Pedas”

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Memasuki minggu kedua Januari 2021, harga komoditas cabai rawit tengah melambung tinggi. Terlebih untuk jenis cabai rawit merah yang harganya sudah menembus Rp100 ribu per kilogram.

Berdasarkan data informasi rata-rata harga bahan pokok di Pasar Tradisional UPTD Cipanas, pada Kamis (14/1/2021) menunjukkan, harga cabai rawit merah berada di harga tertinggi di antara komoditas lainnya.

“Dari laporan petugas di lapangan memang di hari sebelumnya harga cabai rawit merah ini Rp100 ribu, tapi hari ini berangsur turun Rp10 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogramnya,” ujar Bendahara UPTD Pasar Cipanas Iman Rohiman, Kamis (14/1/2021).

Selain cabai rawit merah, cabai rawit hijau juga harganya cukup tinggi. Namun masih berada di kisaran harga Rp55 ribuan.

“Imbas dari harga cabai rawit merah mahal, harga cabai rawit hijau pun ikut naik dari yang biasanya seharga Rp50 ribu kini menjadi Rp55 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Dari kenaikan cabai rawit dan beberapa hari yang lalu harga kedelai dan tempe tahu sempat naik, pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

“Kami dan petugas di lapangan akan terus memantau untuk harga-harga sembako dan sayur-mayur yang lainnya agar kelihatan mana yang naik dan mana yang turun,” jelasnya.

Menurutnya, kenaikan disebabkan karena musim hujan yang terus-menerus mengguyur Cianjur, sehingga cabai menjadi cepat busuk dan tidak bisa dijual.

“Selain itu, permintaan yang tinggi sementara stok terbatas juga menyebabkan semakin tingginya harga semua sayuran, termasuk cabai rawit merah,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button