Today

Harga Daging Ayam di Pasar Cipanas Tembus Rp40 Ribu

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Harga daging ayam di Pasar Cipanas tembus hingga Rp40 ribu per kilogram. Hal ini terjadi sejak beberapa hari lalu.

Angka tersebut cukup tinggi, karena sebelumnya saat momen Lebaran atau Nataru, harga tertinggi daging ayam di kisaran Rp35 ribu per kilogram.

Kepala UPTD Pasar Cipanas, Widya Pratiwi menyebut kenaikan tersebut karena harga DOC tinggi dan pakan makan ayam naik.

“Jika dipersentasikan kenaikan harga ini sekitar 80 persen. Sehingga saat ini berpengaruh terhadap ayam potong yang harganya saat ini Rp40 ribu,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (13/1/2022).

Semenjak ada kenaikan harga, saat ini ia terus berkoordinas dengan beberapa instansi. Tidak hanya dengan Diskoperdagin, tetapi juga berkoordinasi dengan Dinas Peternakan untuk mencari bagaimana solusinya.

“Jadi mungkin kita nanti antisipasinya juga akan turun ke lapangan ke peternak yang kemudian ke distributor dan RPH (rumah potong hewan),” ucap dia.

Widya pun sudah berkeliling pasar memantau daging ayam. Hasilnya, ada pedagang yang mengalami penurunan pembeli.

Beberapa pedagang daging ayam terpantau ada yang sudah habis dan sebagian lagi masih menumpuk.

“Tadi juga saya sempat menanyakan kepada para pedagang. Karena tingginya harga ayam ini, jadi konsumen enggan untuk membeli ayam karena mahal. Pembeli beralih ke protein hewani yang lain,” tuturnya.

Ia berharap, harga daging ayam bisa turun kembali agar daya beli masyarakat naik.(ren/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button