Bisnis Today

Harga Janda Bolong Monstera di Cianjur Mulai Rp50 Ribuan, di Sini Tempatnya

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Tanaman hias Monstera atau janda bolong kian digemari masyarakat, termasuk di Cianjur. Jika di luaran harganya bisa mencapai ratusan juta, di Cipanas ada lho yang menjualnya ratusan ribu rupiah. Ialah Sansan (34), penjual tanaman hias di Kampung Sukasari, RT 05/RW 15, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Ia menjelaskan, tanaman hias Monstera atau janda bolong ada tujuh jenisnya. Seperti Deliciosa, Adansonii, Borsigiana, Obliqua, Variegata, Dubia, dan Siltepecana. “Kalau harga Monstera Varigata mencapai Rp50 juta sampai Rp100 juta. Kalau yang lokal ratusan ribu juga dapat,” kata Sansan kepada Cianjur Today, Jumat (2/10/2020).

Ia menjelaskan, perawatan tanaman hias Monstera atau janda bolong sama seperti tanaman pada umumnya. Beberapa hal yang paling dasar merawat tanaman adalah perhatikan asupan sinar matahari, mengecek kondisi tanah atau media tanam, pemberian pupuk secukupnya supaya subur.

Kemudian pastikan tanaman sehat dan terjauh dari hama. Lakukan pembersihan gulma atau rumput liar dan perhatikan proses penyiraman. Sansan menuturkan, daya tarik tanaman ini karena daunnya yang memiliki warna mewah. Bentuknya mengkilap juga dianggap mendatangkan atmosfer kesejukan hutan tropis ke dalam ruangan.

Bukan hanya itu, tanaman ini bisa menjadi hiasan di rumah yang mudah dirawat. Sansan menuturkan, Monstera atau janda bolong yang ia jual di Cianjur jenis tanaman lokal.

“Kalau di saya yang biasa, orang menyebutnya lokal. Harganya murah paling mahal Rp100 ribu, yang murah di bawah Rp50 ribu. Untuk yang lokal ini hampir semua penjual atau peminat tanaman hias memilikinya, karena tidak sefantastis janda bolong varigata,” tandasnya.(ct6/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker