Today

Harga Pertalite, Solar & LPG Mau Naik, Ini Kata Hiswana Migas Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah kembali menggaungkan rencana kenaikan harga sejumlah komoditi di sektor energi, di antaranya BBM jenis pertalite dan solar bersubsidi serta Gas LPG 3 Kg. Hal ini diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Arifin menerangkan, kenaikan BBM jenis bensin Pertalite (RON 90) dan Solar bersubsidi, serta LPG subsidi tabung 3 kg ini Sebagai bentuk antisipasi menghadapi dampak dari kenaikan harga minyak dunia, Kementerian ESDM berencana melakukan penyesuaian harga untuk sektor energi.

Tak ayal, rencana ini mendapat respon kekhawatiran dari masyarakat yang saat ini mendapat gempuran sejumlah kenaikan harga kebutuhan pokok. Bila rencana ini terealisasi, maka harga-harga kebutuhan lain juga akan ikut meningkat.

Baca Juga: Waduh, Harga Pertalite, LPG, dan Listrik akan Naik dalam Waktu Dekat

Menanggapi hal ini, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kabupaten Cianjur mengaku belum mendapatkan informasi apapun terkait rencana kenaikan harga BBM jenis pertalite dan solar bersubsidi serta gas LPG 3 kg.

Ketua Hiswana Migas Cianjur, Hedi Permadi Boy menuturkan, pihaknya belum mendapat instruksi maupun informasi apapun terkait hal ini.

“Belum ada aware atau informasi apapun sejauh ini. Tapi kabar ini kan bergulir awalnya dari pernyataan Menko Marves, Pak Luhut. Lalu juga dari Menko Perekonomian, Pak Airlangga Hartarto, dan terbaru dari Menteri ESDM,” ujarnya melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Hedi mengatakan, saat ini rencana kenaikan harga sejumlah sektor energi tersebut baru sebatas wacana dan masih dalam tahap pengkajian.

“Jadi memang rencana kenaikan tersebut masih dalam kajian di Komisi VII DPR RI. Dari informasi kolega saya di Komisi VII, katanya masih perlu ada pembahasan dan perhitungan yang lebih dalam lagi sebelum menentukan penyesuaian harga,” terangnya.

Harga BBM Subsidi Tidak Berubah Hingga Keputusan Pemerintah Keluar

Hedi menambahkan, untuk BBM jenis Pertalite saat ini merupakan BBM Penugasan. Artinya, ia menjadi bahan bakar alternatif pengganti premium yang saat ini sudah dihentikan penyalurannya.

“Nah, karena sebagai BBM penugasan, tentu pertalite ini mendapat subsidi dari pemerintah,” jelasnya.

Ia mengatakan saat ini harga BBM jenis Pertalite tidak berubah, masih di kisaran Rp7.650 per liter nya. Sementara untuk Solar subsidi seharga Rp5.150 per liter.

“Kalau kita check di struk pembelian, itu tertera jumlah subsidi BBM dari Pemerintah sekitar 7 ribuan untuk Pertalite. Jadi kalau tanpa subsidi, harga Pertalite itu ada di kisaran Rp15 ribuan per liternya. Sedangkan untuk Solar kalau tanpa Subsidi harganya di kisaran Rp9 ribu per liternya,” papar Hedi.

Hedi menegaskan, untuk saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait adanya perubahan harga BBM dan LPG ini.

Baca Juga: Hiswana Migas Cianjur Jamin Gas Elpiji Aman Hingga Lebaran

Sementara itu, pihaknya menjamin ketersediaan stok BBM dan Gas LPG di Cianjur hingga lebaran nanti.

“Saat ini kita masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan ketersediaan stok ini. Dan terkait harga, selama belum ada keputusan dari pemerintah, kita masih tetap melayani dengan harga yang ada sekarang,” pungkasnya.(arm)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami