Today

Harga Pertamax Naik, Warga Mulai Beralih ke Pertalite

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Pusat dikabarkan akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berjenis Pertamax naik hingga Rp.16.000 pada awal bulan April 2022 mendatang. Akibatnya, banyak pengguna pertamax yang mulai beralih menggunakan pertalite yang lebih murah.

Kenaikan tersebut akibat kenaikan harga minyak dunia yang saat ini berada di atas 100 dollar per barel dan berimbas terhadap harga minyak mentah Indonesia.

Rencananya harga Pertamax ini akan mencapai Rp16 ribu per liter dari sebelumnya Rp9.000 per liter. Tentu kenaikan harga tersebut cukup membuat Sebagian masyarakat pengguna BBM dengan oktan 90 ini keberatan.

Baca juga: Pertamina Umumkan Harga Tiga BBM Non Subsidi Naik, Apa Saja?

Akibatnya, banyak pengguna pertamax yang mulai beralih ke BBM jenis Pertalite. Seperti yang terlihat di beberapa SPBU Kabupaten Cianjur, salah satunya di SPBU Cimacan, Cipanas, antrean yang hendak mengisi pertalite terlihat lebih padat dari hari-hari biasa. Sementara, untuk antrean yang mengisi Pertamax sangat minim.

Salah seorang warga, Hendra (23) asal Cianjur, mengatakan, rencana kenaikan harga tersebut akan memberatkan pengendara yang sering menggunakan pertamax. Karena ia biasa menggunakan BBM tersebut untuk sehari-hari.

“Wah kalau memang ada kenaikan itu cukup memberatkan, terlebih pengguna motor seperti saya, cukup berat kalau harus sampai ada kenaikan. Kalau mengganti ke pertalite nanti ngaruh terhadap tenaga motor juga,” ungkapnya kepada Cianjur Today, Rabu (30/3/2022).

Kenaikan Harga Pertamax Baru Wacana

Terkait hal tersebut, Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPC Kabupaten Cianjur, Hedi Permadi Boy memberikan tanggapannya. Ia mengatakan kenaikan harga pertamax, dexlite dan pertamina dex ini baru sebatas wacana.

“Sepertinya baru wacana, dan ini sebagai dampak dari kenaikan bahan pokok. Ini juga baru perkiraan saja kang,” kata dia.

Akan tetapi, Hedi menuturkan, pemerintah saat ini sudah menetapkan bensin RON 90 atau Pertalite menjadi Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) menggantikan bensin RON 88 atau Premium.

“Kalau pertalite alhamdullah sudah resmi menjadi pengganti premium dan Insha Allah harga nya tidak akan naik,” ungkap dia.

Maka dari itu, kata Hedi, kenaikan harga BBM berjenis pertamax ini baru rencana saja dan belum resmi naik.

Baca Juga: Cek di Sini, Daftar Harga Terbaru BBM di Pulau Jawa dan Banten

“Maka Harapan hiswana migas cianjur mudah-mudahan harga bbm tidak memberatkan masyarakat dan dapat menunjang perekonomian masyarakat,” tutup dia. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks