NasionalToday

Hari Anak Nasional, Jokowi Berikan Semangat untuk Tetap Belajar dan Bermain di Rumah

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Tepat di peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan hari anak dan menyemangati mereka untuk tetap belajar dan bermain di rumah selama masa pandemi Covid-19.

Ucapan dan pesan tersebut disampaikan Jokowi melalui unggahan akun Instagram resminya @jokowi, pada Jumat (23/7/2021) pagi.

“Selamat hari anak nasional. Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia. Tetaplah semangat belajar dan bermain di rumah untuk sementara waktu dan teruslah bergembira,” tulis Jokowi.

Ia mengatakan, anak-anak Indonesia menghabiskan hari-hari dalam setahun ini dengan lebih sering berkegiatan dan belajar di rumah, tidak bepergian dan tidak bermain keluar rumah.

“Saya tahu kalian pasti rindu berkumpul dengan teman, sepupu, atau kakek dan nenek,” kata Jokowi.

“Keadaan ini bukanlah keinginan kita. Semua ini kita lakukan untuk keselamatan kita semua, keselamatan adik dan kakak, ibu dan ayah, ibu dan bapak guru dan semua yang berada di lingkungan kita agar tidak tertular Covid-19,” lanjutnya.

Jokowi menambahkan, anak-anak Indonesia bisa ikut berpartisipasi menekan penularan Covid-19.

Caranya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan berupa disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Pemerintah menetapkan HAN berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984.

HAN merupakan peringatan untuk mengingat pentingnya pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Pada peringatan HAN tahun ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Berdasarkan buku pedoman HAN 2021, peringatan ini bertujuan menjadi momentum untuk menunjukkan anak-anak Indonesia tetap berprestasi, bergembira, kreatif dan inovatif meskipun berada di rumah selama pandemi Covid-19.

Unggahan Jokowi pun sudah disukai lebih dari 128 ribu warganet dan ramai dikomentari sekitar 1.439 orang dengan beragam komentar.

“Anak-anak butuh sekolah dibuka, pak,” tulis safitrimyd.

“Lekas sembuh negeriku. Jujur kami rindu akan kebebasan bermasyarakat,” ujar fajarfadila33.

“Ga berkumpul gimana coba pak, coba lihat setiap sudut gang. Bocah main petak umpet dan lari-larian. Udah bukan hal menakutkan lagi keluar rumah,” ungkap noor.ramadhani.

(sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button