Today

Hari Guru Nasional 2021, Ini Makna Tema Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan

CIANJURTODAY.COM – Momentum Hari Guru Nasional 2021 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) yang diperingati setiap 25 November.

PGRI sendiri lahir pada 25 November 1945, ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Pada hari yang sama, ditetapkan juga sebagai Hari Guru Nasional.

Mengutip laman gtkdikdas.kemdikbud.go.id, tema Hari Guru Nasional 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.”

Tema tersebut dipilih, mengingat saat ini dunia pendidikan tengah berjuang dalam memberikan pendidikan untuk generasi muda bangsa, di tengah-tengah masa pemulihan pasca pandemi Covid 19. 

Seiring berjalannya waktu, kini situasi mulai sedikit membaik setelah berbagai upaya dilakukan. Dunia pendidikan sudah mulai berjalan secara tatap muka.

Adapun makna dari tema Hari Guru Nasional 2021 yang diusung, “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan” diharapakan dapat menjadi acuan para pendidik dalam mengarahkan peserta didiknya menjadi pemuda dan pemudi yang memahami perkembangan zaman.

Sedangkan bergerak dengan hati, berarti membawa siswa mengetahui lebih banyak ilmu pengetahuan dengan empati yang tinggi, agar mereka bisa menyerap ilmu pengetahuan dengan baik.

Arti kata pulihkan pendidikan menjadi kunci hari Guru Nasional kali ini. Setelah dengan keadaan sebelumnya banyak murid mengalami kesulitan untuk mendapatkan pendidikan jarak jauh.

Kini, situasi sudah menjadi lebih baik, sekolah dapat memfasilitasi murid-murid untuk mendapatkan pendidikan sebagai bekal kehidupan.

Berdasarkan laman ditpsd.kemdikbud.go.id, saat ini strategi pendidikan di era pasca pandemi juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan bertransformasi dengan teknologi.

Khusus untuk sekolah dasar, ada tiga langkah yang dilakukan Direktorat Sekolah Dasar dalam beradaptasi dengan pandemi Covid-19 untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia yang lebih baik, antara lain: 

  1. Melalui kebijakan yang dikeluarkan pemerintah di tengah pandemi, seperti: 

Realisasi anggaran

SKB 4 Menteri tentang Pembelajaran Tatap Muka

Koordinasi dengan pemerintah daerah dan sekolah.

  1. Sehubungan dengan transisi masa pandemi, pemerintah melakukan vaksinasi terhadap guru dan tenaga kependidikan. Pemerintah juga melakukan penyiapan infrastruktur termasuk digitalisasi dan telekomunikasi untuk pemenuhan pembelajaran di masa pandemi.
  2. Dilakukan penguatan dan perluasan digitalisasi sekolah termasuk di wilayah 3T, seperti:

Memberikan Optimalisasi PHBS

Scale up pengimbasan sekolah penggerak serta penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui berbagai moda pembelajaran (daring, luring, dan project based learning). 

Itulah tema Hari Guru Nasional 2021, Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan. Selamat Hari Guru, pahlawan tanpa tanda jasa!(ega/sis)

Sumber: Suara.com

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker