Today

Hari Kanker Sedunia, Dinkes Cianjur: Jaga PHBS dan Olahraga dengan Rutin

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Memperingati Hari Kanker Sedunia pada 4 Februari 2021, Kabupaten Cianjur tidak melaksanakan peringatan apapun. Namun berdasarkan informasi disampaikan, tren penyakit kanker selalu meningkat seiring berjalannya waktu.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, dr Yusman Faisal. Menurutnya, kanker termasuk pada penyakit yang tidak menular. Sehingga, tren kanker di Kabupaten Cianjur selalu meningkat dari waktu ke waktu.

“Kanker merupakan pembunuh nomor tiga setelah jantung, jadi memang kita fokus ke sana, selain penyakit menular lain di tengah pandemi,” tuturnya kepada Cianjur Today, (4/2/2021).

Meskipun demikian, Yusman mengaku belum bisa menyebutkan data penyandang kanker di Kabupaten Cianjur karena harus melihat data terlebih dahulu.

“Untuk jumlahnya harus lihat data dulu karena memang penyakit kanker memerlukan jangka waktu yang panjang. Jadi datanya tidak terlalu banyak berubah, tapi tetap jadi perhatian kami,” jelas dia.

Yusman menjelaskan, Kabupaten Cianjur memiliki satu pusat pelayanan kanker yaitu di Rumah Sakit Umum Daerah Sayang (RSUD) Cianjur dengan penanggung jawabnya merupakan konsultan kanker yang ahli menangani penyakit dalam.

“Penyebab penyakit kanker kalau dari persentase penduduk Indonesia itu karena dari infeksi terutama virus. Kalau di negara lain biasanya mungkin karena radiasi dan lain-lain,” ujar dia.

Yusman menjelaskan, penyakit kanker sejalan dengan kondisi tubuh seseorang baik dari daya tahan dan juga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang sangat berpengaruh terhadap penyakit tersebut.

“Jadi PHBS bukan hanya untuk penyakit infeksi saja, tapi untuk penyakit lain, termasuk pola makan dan minum, serta aktivitas juga memengaruhi,” ucap dia.

Pada hari kanker sedunia 2021 ini, Yusman berharap, para penyandang penyakit kanker di Kabupaten Cianjur terus berobat secara teratur.

“Kemudian untuk masyarakat sendiri yang memiliki faktor risiko, harus menjaga PHBS dengan baik, makan dan minum yang cukup, serta aktivitas olahraga secara rutin,” tandasnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks