Today

Hari Kedua Lebaran, Objek Wisata di Cipanas Dipadati Ribuan Pengunjung

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Objek wisata di Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur dipadati pengunjung pada hari kedua Lebaran Idulfitri 1442 H. Bahkan, jumlahnya mencapai ribusn wisatawan.

Seperti halnya Kebun Raya Cibodas (KRC) sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Cianjur. Tempat wisata yang berada di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas ini tak luput dari para pengunjung.

Menurut General Manager Kebun Raya Cibodas (KRC), Teguh Dwiyanto mengatakan, di libur Lebaran ini pihaknya sudah mempersiapkan berbagai strategi untuk mengantisipasi ramainya pengunjung.

“Alhamdulillah kang KRC di hari kedua pada masa libur Idul Fitri 1442 H ramai di padati pengunjung, jumlah pengunjung mencapai angka 3.543 orang,” kata Teguh kepada Cianjur Today, Jumat (14/5/2021).

Teguh menuturkan, disiplin protokol kesehatan lebih diperketat di hari Lebaran ini. Tujuannya semata-mata untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang berkunjung.

“Meskipun ramai, kami tetap mengimbau semua pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal itu termasuk menggunakan masker, menjaga jarak atau physical distancing, mencuci tangan hingga menyediakan hand sanitizer di berbagai area,” tambahnya.

Namun, upaya itu saja dirasa tak cukup. Teguh menuturkan bahwa pihaknya merekrut tambahan sumber daya manusia yang akan bertugas sebagai tim satgas.

Mereka berfungsi untuk memecah kerumunan khusus di area tertentu yakni area Pintu 1 serta Kolam Besar.

Tim Satgas itu pula yang akan bertugas untuk berkeliling wilayah KRC, untuk mengimbau pengunjung tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Beberapa area akan menjadi fokus di antaranya Taman Sakura dan titik ramai lainnya.

“Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung Kebun Raya Cibodas berkomitmen menjalankan prokes dengan selalu memberikan imbauan kepada pengunjung dengan berkeliling. Bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam penanganan protokol kesehatan, pembersihan fasilitas secara berkala oleh petugas,” ungkapnya.

Tak hanya itu, di sana juga berkomitmen untuk mematuhi peraturan pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini termasuk memberlakukan jumlah maksimal pengunjung yakni 50 persen dari keseluruhan kapasitas.

“Kami pihak KRC berharap masyarakat yang datang ke Kebun Raya Cibodas bisa meningkat, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan tadi,” ucap dia.

Wisata Sevillage Cipanas Juga Ramai

Hal serupa di alami oleh Wisata Alam Sevillage yang mengalami peningkatan pengunjung di hari Lebaran kedua ini.

“Alhamdulillah kang saat ini pengunjung wisata alam di hari ke dua lebaran ini rame banget meningkat dari sebelumnya hingga 90 persen,” kata Marketing Sevillage, Vina Syilvania.

Ia menjelaskan, sebelum Lebaran wisata alam Sevillage ini mengalami penurunan pengunjung yang sangat signifikan.

“Sebelumnya hanya 100 pengunjung sebelum lebaran dan hari ini hari lebaran Alhamdulillah mencapai 2.150 pengunjung didominasi warga lokal,” tuturnya.

Akan tetapi, lanjut Vina, mengantisipasi ramainya pengunjung pihaknya mempersiapkan segala ketentuan protokol kesehatan agar pengunjung aman dan nyaman.

“Protokol kesehatan kami juga selalu berlakukan, seperti wajib memaki masker berjaga jarak dan mencuci tangan atau membawa hand sanitizer,” tutup dia.(ct6/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button