Today

Hari Laut Sedunia 2021: Samudera, Kehidupan, dan Sumber Penghidupannya

CIANJURTODAY.COM – Peringatan Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day ditetapkan setiap 8 Juni oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tujuannya adanya peringatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian laut untuk manusia.

Sejarah Hari Laut Sedunia

Berawal dari United Nations Conference on Environment and Development pada 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Delegasi asal Kanada saat itu mengusulkan gagasan adanya hari khusus untuk peringatan soal kelautan. Namun, gagasan itu tidak langsung diresmikan.

Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO pada 1998 gencar mengkampanyekan supaya Hari Laut diperingati secara internasional.

World Ocean Network dan The Ocean Project dua organisasi koservasi itu bersama dengan kelompok lingkungan mulai merayakan Hari Laut pada 2002.

Selain itu mereka juga melakukan kampanye mendorong PBB mengesahkan Hari Laut Sedunia.

Bahwa 70 persen dari planet bumi merupakan lautan, maka melestarikan dan menjaga kehidupan laut merupakan hal penting.

Dilansir dari National Ocean Servic lautan menghasilkan sekurang-kurangnya 50 persen oksigen untuk manusia.

Setidaknya ada 40 juta penduduk dunia yang dipekerjakan oleh industri laut. Oleh karena itu, konservasi laut harus digalakkan oleh semua negara dunia.

Setelah penantian panjang akhirnya pada 2008, PPB meresmikan Hari Laut Sedunia. Peringatan tersebut relevan dengan keadaan Indonesia.

Indonesia termasuk sebagai negara maritim, dengan luas lautan yang membentang lebih dari 5 juta kilometer persegi secara keseluruhannya.

Keterangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bahwa luas lautan Indonesia sekitar 3,25 juta kilometer persegi.

Selain itu Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,55 juta kilometer persegi. Luasnya lautan Indonesia ini melebihi luas daratan yakni 2,01 juta kilometer persegi.

Tema Hari Laut Sedunia 2021

Melansir Human Rights At Sea, tema Hari Laut Sedunia tahun ini bertajuk “The Ocean: Life and Livelihoods” atau “Samudera: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya”.

Sekaligus mendeklarasikan niat yang meluncurkan tantangan satu dekade untuk mendapatkan Sustainable Development Goal 14, “Conserve and sustainable use the oceans, seas and marine resources”, pada 2030.

Tema ini untuk mengkampanyekan pentingnya ekosistem laut dan perannya untuk manusia.

Selain itu, tahun ini, PBB juga meluncurkan situs web Hari Laut Sedunia yang bisa kalian akses melalui link ini.

Situs web itu hasil kerja sama PBB dengan organisasi nirlaba Oceanic Global. Untuk partisipasi publiknya, dalam peringatan Hari Laut Sedunia 2021.

Tidak hanya itu, diadakannya juga kontes foto internasional yang berkaitan dengan ekosistem laut.

Di masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Laut Sedunia akan dilakukan melalui telekonferensi dan seminar daring yang mengundang pakar kelautan internasional.

Pembahasannya mengenai biodiversitas laut, penemuan sains kelautan terbaru, hubungan antara samudera, dan ekosistemnya.(ct7/sis)

LAUT: Tema Hari Laut Sedunia 2021 adalah Samudera, Kehidupan, dan Sumber Penghidupannya. (Foto: Internet)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami