Musik

Hari Musik Nasional: Dari Sejarah hingga Program Bing Bang 2021

Hari Musik Nasional diperingati setiap 9 Maret. Berikut ini ulasan sejarah dan program Big Bang yang akan dilakukan tahun 2021 ini.

Seperti yang kita ketahui, hal ini sudah ada berdasarkan keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013. Jadi, peringatan ini memang baru tujuh tahun berlangsung.

Peringatan ini guna mengapresiasi para musikus yang telah berkarya di Tanah Air serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional. Selain itu, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Di setiap peringatan biasanya ada penyerahan penghargaan bagi insan musik Indonesia. Baik yang masih hidup maupun yang telah tutup usia. Ditetapkan pada 9 Maret lantaran berkaitan dengan hari lahir WR Supratman.

Seperti yang kita ketahui, WR Supratman sudah sangat berjasa karena menciptakan lagu Indonesia Raya. Beliau sendiri dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional atas jasanya tersebut.

Sebenarnya rencana untuk menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik telah disusuk sejak tahun 2003 silam saat pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri. Hal itu atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Hanya saja butuh waktu selama satu dekade untuk membuat rancangan tersebut diresmikan yaitu tepatnya pada 9 Maret 2013.

Sempat Jadi Perdebatan

Meski telah berlangsung selama 7 tahun, nyatanya penetapan Hari Musik masih menjadi perdebatan hingga kini. Pasalnya, berdasarkan penelusuran sejarah ada sebagian ahli yang menyatakan bahwa WR Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903, bukan pada tanggal 9 Maret 1903.

Namun terlepas dari perdebatan tersebut yang terpenting ialah makna dan tujuan dari penetapan Hari Musik itu sendiri.

Diharapkan dalam peringatan ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musikus Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.

Program Big Bang Hari Musik Nasional 2021

Bertepatan dengan Hari Musik 2021, tiga musisi yaitu Fadhil Indra, Iwang Noorsaid, dan Denny Djatnika beserta komunitas Silverian 86 menyiapkan program bertajuk Big Bang Indonesia.

Big Bang Indonesia merupakan kepanjangan dari Bikin Gede Bangsa Indonesia yang diharapkan dapat mendorong musisi di Tanah Air menghasilkan karya yang berasal dari kultur Indonesia. Pertunjukan itu nantinya dapat disaksikan masyarakat di kanal YouTube bernama BIGBANG INA pada (9/3/2021) pukul 09.00 Wib.

Dewan Pembina Silverian 86 sekaligus musisi dari grup Band Progresif Rock “Discus” Fadhil Indra mengharapkan nantinya Big Bang Indonesia tidak hanya digelar untuk memperingati Hari Musik Nasional tapi dapat dilakukan rutin setiap bulannya.

Ia berharap, nantinya pertunjukan yang ditampilkan secara virtual itu dapat menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia untuk berkarya menghasilkan musik yang memiliki daya saing global dan mendunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi kegiatan “Big Bang Indonesia” yang digagas oleh Komunitas Silverian 86. “Saya memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk program Big Bang Indonesia yang digagas oleh Komunitas Silverian 86,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya Big Bang Indonesia dapat memicu para musisi di Tanah Air untuk berkarya dan terinspirasi menghasilkan musik bertema Indonesia.

“Jadikan Indonesia sebagai inspirasi dalam berkarya, kreatif, dan berkebangsaan untuk Indonesia maju di masa depan. Sukses dan maju terus,” pungkasnya.(ct7/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button