Gaya Hidup

Hari Perawat Internasional 2021: Begini Sejarah dan Tema Peringatannya

CIANJURTODAY.COM – Hari Perawat Internasional 2021, menjadi momentum bersejarah bagi para perawat sebagai tenaga medis. Hari Perawat Internasional pun kerap diperingati setiap tanggal 12 Mei.

Tujuan peringatannya adalah sebagai tanda penghormatan kepada semua perawat seluruh dunia atas pekerjaan yang mereka lakukan.

Peran perawat sangat bermacam-macam juga tanggung jawab yang berbeda-beda.

Misalnya menulis rencana perawatan untuk pasien, membantu evaluasi dan tes, mengatur transfusi darah dan infus, memberikan obat dan suntikan, serta mengamati dan mencatat kondisi pasien.

Sejarah International Nurse Day

Pada tahun 1953, saat Dorothy Sutherland, seorang pejabat di Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan AS, menghubungi Presiden Dwight D. Eisenhower untuk mengusulkan agar dia mengumumkan “Hari Perawat”.

Saat itu presiden tidak langsung menyetujui usulan Dorothy Sutherland. Namun, Dewan Perawat Internasional (International Council of Nurses/ICN) telah merayakan hari tersebut sejak 12 Mei 1965.

12 Mei adalah tanggal penting bagi semua perawat, karena ini adalah hari jadi kelahiran Florence Nightingale.

Ia di anggap sebagai pendiri keperawatan modern. Pada Januari 1974, kemudian 12 Mei akhirnya resmi dijadikan Hari Perawat Internasional.

Setiap tahun sejak itu, ICN mempersiapkan dan mendistribusikan sesuatu yang disebut Kit Hari Perawat Internasional yang berisi materi pendidikan dan informasi publik, untuk perawat di mana saja.

Tema International Nurse Day 2021

Dewan Perawat Internasional (ICN) mengumumkan tema pada 2021 adalah “A Voice to Lead – A vision for future healthcare”.

“Suara untuk Memimpin”. Sub-tema tahun 2021 adalah “Visi untuk Perawatan Kesehatan Masa Depan”.

Melalui laman resmi ICN, Presiden ICN Annette Kennedy mengatakan, pandemi Covid-19 global ini telah menunjukkan kepada dunia peran penting perawat dalam menjaga kesehatan seseorang.

Meskipun ada gangguan yang signifikan terhadap perawatan kesehatan, ada juga inovasi signifikan yang meningkatkan akses ke perawatan.

Pada tahun 2021, ICN akan fokus pada perubahan dan inovasi dalam keperawatan dan bagaimana hal ini pada akhirnya akan membentuk masa depan perawatan kesehatan.

Tema pada tahun ini mencerminkan dampak Covid-19 pada sistem kesehatan dan profesi keperawatan dan bagaimana dampaknya di masa depan.

Perawat, sebagai profesi perawatan kesehatan terbesar, harus memainkan peran integral dalam merencanakan masa depan perawatan kesehatan.

Setiap tahun, ICN memproduksi banyak informasi pada publik untuk mendukung perawat.

Informasi tersebut termasuk laporan, studi kasus, poster, video, wawancara, serta spanduk dan logo media sosial.

ICN memperingati hari penting ini setiap tahun dengan memilih tema dan memproduksi informasi penting terkait keperawatan.

Nah itu dia ulasan Hari Perawat Internasional 2021 lengkap dengan sejarah dan tema peringatannya. Semoga jadi pengetahuan baru bagi kalian ya Today People.(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami