Ramadan Today

Hasil Sidang Isbat, Idul Fitri 1441 Ditetapkan Minggu 24 Mei 2020

CIANJURTODAY.COM – Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah jatuh pada Minggu 24 Mei 2020. Hal ini sesuai dengan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) bersama sejumlah pihak berdasarkan pemantauan hilal di 34 provinsi di Indonesia.

Sejumlah wilayah tersebut telah melaporkan hasil pemantauan bulan atau rukyatul hilal dalam proses sidang Isbat 2020, penentuan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1441 H. 

Menteri Agama, Fachrul Razi, menjadi satu di antara pihak yang memimpin penyampaian Hasil Sidang Isbat. Ia menyampaikan bahwa dari hasil rukyatul hilal yang telah dilaksanakan, selepas Maghrib, Jumat (22/5/2020) sekitar pukul 18.50 WIB.

“Sidang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Maret 2020,” kata Menteri Agama Fachrul Razi, dikutip dari siaran langsung Tv One.

Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan dari hasil hisab (berdasarkan perhitungan astronomi). Serta rukyatul hilal atau pengamatan hilal/bulan baru.

Rukyatul hilal dilakukan dari 80 titik pengamatan dari berbagai penjuru wilayah Indonesia. Dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan.

Posisi hilal berada di bawah ufuk, maka ketika hal itu terjadi, Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Oleh karenanya, besok masih termasuk bulan ramadhan dan tetap melaksanakan ibadah puasa.(ct4/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker