Olahraga

Hawk Eye Sempat Error, Marcus/Kevin Lolos ke Babak Final Indonesia Master 2021

CIANJURTODAY.COM, Bali – Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil lolos ke babak final Indonesia Masters 2021. 

Pasangan berjuluk The Minions itu mengalahkan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, pada pertandingan semifinal di Bali International Convention Centre, Sabtu (20/11/2021) sore. 

Meski begitu, sebelum berhasil memenangkan pertandingan, keduanya harus mengalami hal yang kurang menyenangkan akibat insiden hawk eye alias mata elang, yaitu teknologi untuk melihat tayangan ulang apakah shuttlecock masuk atau keluar. 

Insiden ini terjadi saat Marcus/Kevin tertinggal 18-20 pada gim pertama. Pada momen itu hakim garis menyatakan servis pasangan Malaysia out atau keluar.

Namun rupanya, Ong/Teo ingin melakukan challenge alias meminta tayangan ulang melalui teknologi hawk eye. 

Setelah menunggu beberapa saat, hawk eye menunjukkan bahwa servis pasangan Malaysia in, sehingga gim pertama menjadi milik Ong/Teo dengan kemenangan 21-18. 

“Namun, challenge-nya lama sekali. Itu ada yang error dan mereka (BWF) sepertinya ngasal. Itu 1.000 persen out. Mereka (Ong/Teo) saja mengakui,” tutur Kevin Sanjaya. 

Kevin protes karena akibat hal ini dan keduanya harus kehilangan poin.

“Yang pasti kami kehilangan poin yang sangat penting pada poin-poin krusial. Tidak tahu, BWF harus perbaiki itu semua,” lanjutnya.

Usai pertandingan, Kevin Sanjaya menyatakan protes kepada BWF selaku induk bulu tangkis dunia. Dia meminta BWF agar memperbaiki teknologinya agar tidak merugikan para pemain. 

“Ya, itu 1.000 persen kesalahan. Itu out-nya jauh sekali, tetapi bisa masuk,” kata Kevin kepada awak media usai pertandingan. 

Pasangan tersebut merasa tidak adil, namun akan tetap fokus di pertandingan kedua. Marcus/Kevin pun bisa kembali bangkit dan memenangkan gim kedua dan ketiga, dengan kemenangan 21-17 dan 21-11 dalam tempo permainan 58 menit. 

Pada partai final, Marcus/Kevin akan melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) yang mengalahkan unggulan kelima asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.(ega/sis)

Sumber: Kompas

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker